KPK Terima Laporan Ada Foto Petahana di Bansos Covid-19, Alex : Jangan Setelah Fakta Integritas OTT



Selasa, 24 November 2020 - 16:09:35 WIB



JAMBERITA.COM - KPK membenarkan telah menerima laporan ada foto petahana dalam penyaluran bantuan sosial (Bansos) berupa sembako terhadap warga yang terdampak Corona Virus Disease (Covid-19).

Kendati demikian, Wakil Ketua KPK Alexander Marwarta hanya menyampaikan secara umum saja dan tidak menyampaikan petahana di daerah mana, terlebih laporan itu menurutnya belum masuk ke tahapan Pilkada.

"Memang beberapa ada informasi ada foto Calon Kepala Daerah (Petahana) di dalam paket-paket Sembako," ujarnya ketika menggelar konferensi pers usai mengumpulkan seluruh peserta paslon Pilkada di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (24/11/2020).

Menurut Alexander, ketika hal itu dilakukan oleh seorang kepala daerah dan apalagi waktu itu yang bersangkutan meskipun sudah ada indikasi yang besar akan mencalonkan kembali, tapi itu belum masa pendaftaran kampanye.

"Sekali lagi tugas KPK tidak hanya menindak, tetapi juga mengingatkan kepada calon-calon kepala daerah agar penggunaan anggaran daerah itu tidak ditumpangi oleh kepentingan-kepentingan sesaat," tegasnya.

Selanjutnya, apabila itu kalau sudah masuk ke tahapan kampanye itu gimana, atau menggunakan anggaran untuk kepentingannya, tentu itu tegas Alexander akan mereka koordinasikan dengan Bawaslu selaku pengawas.

Dari itu terkait dengan penandatanganan fakta integritas yang baru dilaksanakan, KPK juga berharap kepada setiap Paslon Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Provinsi Jambi dapat mengerti dan memahami apa yang sudah mereka tandatangani itu dalam tindakannya nyata.

"Siapa yang memastikan, ya dia sendiri.Banyak kepala daerah setelah melakukan pakta integritas kena Operasi Tangkap Tangan (OTT), jadi pakta integritas itu sama dengan tandatangan kontrak, ya paling tidak kontrak dirinya dengan yang di atas (Allah SWT)," terangnya.(afm)

 










loading...