Atasi Illegal Logging Ketika Terpilih Wagub Jambi, Ratu : Temui Rakyat, Tidak hanya di Kantor Saja



Sabtu, 21 November 2020 - 22:25:46 WIB



JAMBERITA.COM - Cawagub Jambi nomor urut 1 Ratu Munawarah jika terpilih menjadi Wakil Gubernur siap memberantas ilegal logging dengan mengacu kepada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) karena rakyat butuh makan.

"Pertama yang harus dilihat substansi dari persoalan kenapa terjadi illegal logging. Persoalannya yang tentu hanya satu, yaitu persoalan ekonomi rakyat butuh makan, rakyat pingin sejahtera," katanya dalam menjawab pertanyaan dengan waktu 2 menit, di Debat terbuka, Sabtu (21/11/2020).

Kenapa kemudian akhirnya mereka melakukan hal tindakan-tindakan illegal logging, illegal fishing ataupun lainnya.

Ini yang harus kemudian menjadi pekerjaan rumah bersama bagaimana kesejahteraan masyarakat harus betul-betul diperhatikan sehingga mereka tidak melakukan hal itu.

"Bagaimana mereka disadarkan bahwa lingkungan yang rusak itu akan berakibat tidak baik untuk mereka sendiri, mereka yang akan merasakannya, masyarakat penyangga hutan tersebut," terangnya.

Sehingga poinnya adalah kesejahteran masyarakat. "Hutan itu adalah kita , hutan adalah tempat kita memperoleh kesejahteran, mereka bisa hidup, bisa menyekolahkan anak, bisa kemudian berkompetisi dengan daerah-daerah lainnya," tegasnya.

Kemudian persoalan ini juga harus dibicarakan secara langsung ke masyarakat. Jangan lupa tidak hanya konsep dan tidak hanya di belakang kantor saja, tapi langsung turun berbicara dengan rakyatnya.

"Bagaimana, Bapak Ibu inilah yang akan terjadi, bagaimana kunci dari seorang pemerintah yang harus visioner dan pemerintah yang memikirkan rakyatnya sampai ke hal-hal yang detail, ini yang sangat penting dilakukan dalam permasalahan ini," katanya.

Illegal logging menjadi sebuah persoalan yang terus-menerus akan diwariskan kepada generasi selanjutnya.

"RTRW adalah sebuah ruang untuk kita melihat kembali 5 tahun sekali, yang saya tahu seperti itu di provinsi Jambi untuk bagaimana menata kembali agar tidak terjadi lagi, " pungkasnya.(afm)









loading...