Ratu Bedah Makna Jambi CERAH di Debat: InsyaAllah Membawa Kesejahteraan



Sabtu, 21 November 2020 - 21:06:21 WIB



JAMBERITA.COM - Calon Wakil Gubernur Jambi (Cawagub) Jambi Ratu Munawaroh Zulkifli bedah makna dari kata Cerah di segmen pertama pada debat terbuka, Sabtu (21/11/2020).

"Visi dan misi visi kami adalah Jambi Cerah 2024, cerah adalah merupakan sebuah kata sifat yang menggambarkan sebuah harapan akan sebuah provinsi yang penuh dengan kinerja, insyaAllah akan membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat provinsi Jambi," paparnya.

Menurut Ratu, itu adalah akronim nama pasangan Cagub dan Cawagub Cek Endra-Ratu Munawarah. Tapi bukan itu tentunya, yang penting tapi bagaimana mereka akan betul-betul bekerja, menomorsatukan provinsi ini agar menjadi sebuah provinsi yang terhormat.

"Karena Jambi memang layak untuk dihormati, itulah visi kami," bebernya.

Adapun misi mereka yaitu kata Ratu, sesuai dengan tema bagaimana mereka bisa meningkatkan tentang apa yang menjadi potensi dari Provinsi Jambi dan bagaimana potensi tersebut bisa disinergikan dengan apa yang menjadi program-program nasional.

"Sebagaimana diketahui bahwa berbicara tentang segala apa yang menjadi sumber daya manusia maka tak lepas dari apa yang dinamakan indeks pembangunan manusia (IPM) atau kita sebut dengan IPM," terangnya.

IPM Jambi menempati angka di 71, 26 dan indikator tersebut terletak pada 3 indikator yaitu pendidikan kesehatan dan ekonomi yang sudah menjadi sebuah pembahasan yang sangat umum dalam setiap apapun yang di lakukan bagaimana tentang kondisi pendidikan kesehatan dan ekonomi yang ada di provinsi Jambi.

"Satu menjadi catatan yang terpenting disini adalah IPM tidak lepas dari apa yang dinamakan pengarusutamaan gender di provinsi Jambi masih sangat rendah di angka 65,32 persen sangat jauh dengan pengarusutamaan gender nasional di angka 80,38 persen," ungkapnya.

Kenapa, padahal kaum perempuan sendiri mempunyai sebuah kekuatan yang sangat penting, tolong diingat oleh semua bagaimana para pemilih dari kaum perempuan di provinsi Jambi mencapai angka 49 persen. Angka itu tidak boleh diremehkan dan bagaimana juga bahwa ternyata angka keterwakilan perempuan di legislatif masih di angka yang sangat kecil jauh dari angka 30 persen.

"Jambi hanya menempati 12,475 persen, untuk itu bapak ibu, mari kita bersama-sama agar bagaimana kedua program ini menjadi program yang sinergitas agar semua program tersebut menjadi sebuah hal yang harus betul-betul kita pedomani," pungkasnya.(afm)

 










loading...