Terapkan Prokes, Pelabuhan Kualatungkal Masih Nihil Kasus Covid-19



Jumat, 20 November 2020 - 11:50:37 WIB



JAMBERITA.COM - Antisipasi penularan pandemi covid-19, pengawasan ketat masih dilakukan terhadap para penumpang yang lalu-lalang di Pelabuhan Kualatungkal, Tanjung Jabung Barat. Baik penumpang yang akan pergi berangkat maupun yang baru datang menginjakkan kakinya di Pelabuhan Kualatungkal, Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Taharuddin mengatakan, guna mencegah potensi penularan Covid-19 melalui jalur pelabuhan sejak awal kemunculan pandemi Covid-19 pemerintah daerah telah mengaktifkan kegiatan Posko Covid-19 di Pelabuhan guna memantau pergerakan penumpang yang naik ke pelabuhan

"Alhamdulillah sejauh ini, sampai hari ini belum ada ditemukan penularan dari jalur laut," terang Jubir Satgas Covid-19 Tanjab Barat, Taharuddin, Jumat (20/11/20).

Di Pelabuhan LLASDP Kualatungkal, Posko Covid-19 terlihat aktif mengecek kondisi penumpang satu persatu dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Ini sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah melakukan upaya pencegahan dan antipasi penyebaran Corona melalui jalur laut dengan melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap penumpang transportasi laut dan sungai yang tiba dari perjalanan.

Kegiatan posko dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya selama masa pandemi saat kedatangan penumpang.

Pelaksanaan prokes terhadap penumpang mulai dari dengan menyediakan tempat cuci tangan bagi setiap penumpang transportasi laut yang baru tiba di Pelabuhan. Lalu diperiksa suhu tubuhnya, jika didapati suhu tubuhnya normal dipersilakan melanjutkan perjalanan.

"Setiap penumpang yang masuk pelabuhan kita minta mentaati protokol kesehatan yang berlaku," ujar Petugas UPTD LLASDP Kualatungkal, Andi Gusmanto.

Dikatakan Andi, Pelabuhan LLASDP menjadi area wajib masker bagi bagi pengunjung pelabuhan baik yang akan bepergian maupun yang datang dari perjalanan.

Menurut Andi, selama Posko Covid-19 diaktifkan di Pelabuhan LLASDP pihaknya, belum menemukan ada penumpang yang kesehatannya terindikasi terpapar Covid-19.

"Sejauh ini jalur laut masih aman, belum ada laporan ada penumpang yang terpapar Covid-19," ujar Andi.

Sementara Rani salah satu penumpang kapal mengatakan, ia tidak keberatan harus mengikuti protokol kesehatan.

"Ya, kalau tujuannya baik untuk kesehatan, gak keberatan lah. Kan tidak makan waktu banyak juga," kata peremupan berlesung pipi itu sembari tersenyum usai dilakukan scan pengukuran suhu tubuh. (Henky)

 








loading...