Beredar Kabar Agus Fatoni Bakal Jadi Pj Gubernur Jambi, Begini Kata Puspen Kemendagri



Kamis, 24 September 2020 - 19:37:09 WIB



JAMBERITA.COM- Izin cuti Gubernur Jambi Fachrori Umar di Pilkada serentak 2020 ini telah disetujui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian pada 21 September lalu.

Artinya, terhitung sejak 26 September hingga 5 Desember mendatang waktu kampanye sekaligus dimulainya cuti Gubernur.

Untuk mengisi kekosongan Gubernur, ditunjuk pejabat pimpinan tinggi madya dari Kemendagri sebagai Pejabat sementara (Pjs).

Bahkan beredar kabar Tito Karnavian mempercayakan untuk mengendalikan pemerintah provinsi (Pemprov) Jambi selama masa cuti kampanye tersebut adalah kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri RI Agus Fatoni. 

Kabid Humas Puspen Kemendagri Aang Witarsa mengatakan jika pihaknya tak ingin mendahului pengumuman. Meski demikian dirinya memastikan Jum'at (25/9) besok merupakan pengumuman Pj Gubernur Jambi.

"Kita tunggu saja besok ya. Besok (Jumat,red) pelantikan Pj. Saya tidak mau mendahului," katanya ketika dikonfirmasi, Kamis (24/9/2020).

Kemudian, Karo Humas dan Protokol Setda provinsi Jambi Johansyah mengaku bahwa Pemprov belum menerima Surat Keputusan (SK) Pj.

"Kita masih menunggu SK Kemendagri, saat ini belum," ujarnya.

Senada dengan Johansyah, Karo Pemerintahan dan Otonomi Daerah Rahmad Hidayat juga mengatakan jika pihaknya juga masih menunggu kepastian. "Alhamdulillah sampai jam dan juga detik ini belum (pasti,red)," ujarnya.

Menurutnya, Kemendagri belum bisa memastikan siapa yang akan menduduki Pjs Gubernur baik untuk Provinsi Jambi dan 8 Provinsi lainnya.

"Semua proses hingga jam sekarang masih berjalan. Kami juga masih menunggu kepastian tentang itu," bebernya.

Untuk diketahui, Agus Fatoni berasal dari Lampung saat ini menjabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri. Dirinya juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Pribadi Mendagri, Kepala Bagian Protokol. Kepala Subdit Dana Bagi Hasil Pajak, Migas dan Cukai pada Direktirat Fasilitasi Dana Perimbangan Kemendagri. (afm)









loading...