Industri Pembuatan Tempe



Sabtu, 12 September 2020 - 14:44:57 WIB



Rismaya Eviara
Rismaya Eviara

Oleh: Rismaya Eviara*

 

Pengenalan Bahan Baku

Tempe dikenal sebagai makanan khas orang Jawa ,yang terbuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain,yang mengunakan kapang Rhizopus , seperti Rhizopus oligosporus, Rhizopus  oryzhe ,Rhizopus stoloniferz atau Rhizopus arrhizus. Fermentasi ini secara umum dikenal sebagai”Ragi tempe”.

1. Kapang Rhizopus

Merupakan fungsi saprofit yang umum pada tanaman dan parasit yang tersosialisasi pada hewan, mereka ditemukan di berbagai substrat organik, jeli ,sirup, kulit, roti, kacang tanah.

2. Rhizopus oligosporus

Merupakan kapang dari filum zygomycota yang banyak menghasilkan enzim protease. Rhizopus oligosporus banyak ditemukan di tanah,buah, dan sayuran yang membusuk ,serta roti yang sudah lama ,dan juga terdapat di dalam nasi.

3. Rhizopus oryzae

Merupakan jamur yang sering digunakan dalam pembuatan tempe. Jamur ini aman untuk dikonsumsi karena tidak menghasilkan toksin dan mampu menghasilkan asam laknat. Jenis jamur Rhizopus oryzae mempunyai kemampuan mengurai lemak kompleks menjadi trigliserida dan asam aamino.

4. Rhizopus stoloniferz

Merupakan anggota zygomycota dan di anggap paling penting dalam genus Rhizopus. Ini adalah salah satu jenis jamur paling umum d i dunia dan memiliki distribusi global meskipun paling sering ditemukan di daerah tropis.

Cara Pembuatan

Ada beberapa macam cara pembuatan tempe ,agar menghasilkan tempe yang bagus dan berkualitas sebagai berikut.

1. Rendam 300g kedelai kering hingga mengambang, rebus kedelai hingga mendidih, biarkan mendidih beberapa menit, lalu dinginkan . Remas-remas kedelai dengan tangan hingga kulit nya terpisah.

2. Rebus kembali kedelai selama 2jam tambahkan 1/2sdt cuka makan terus rendam kembali dalam air panas/hangat bekas perebusan selama 12jam ,agar lebih mengambang. Kemudian tiriskan masukan kedalam mesin penggilingan agar kacang yang belum hancur menjadi lebih mudah dalam pencetakan.

3.Tambahkan ragi kedalam kedelai kemudian diaduk-aduk agar merata, kemudian masukan kedalam pencetakan tempe yang bisa dibungkus dengan daun pisang/plastik yang sudah dii tusuk-tusuk, agar lebih mudah dalam penguapan.

4. Simpan tempe didalam ruangan dan ditutup dengan kertas.biarkan 1-2hari agar miselium candawan tempe tumbuh dengan sempurna.

Alat Pembuatan Tempe

1. Tampah Besar

2. Ember /tong

3. Keranjang

4. Rak Bambu

5. Cetakan

6. Pengaduk Kayu

7. Dandang

8. Tungku/Kompor

9. Daun pisang/Plastik

10. Penggilingan

Pengemasan
Pembuatan tempe dapat dikemaskan menggunakan daun pisang/ plastik,tempe yang sudah digiling dan di kasih bumbu dimasukan kedalam daun pisang dan plastik yang sudah disiapi dan jangan lupa tusuk daun dan plastik agar mudah dalam penumbuhan jamur tersebut.

Resiko Usaha Tempe

1. Harga Bahan Baku Kedelai Yang Kurang Stabil

2. Air Limbah Baku Kedelai Yang Mengganggu Lingkungan

3. Ampas Tempe Yang Besar

4. Banyak Pesaing

5. Menentukan Cara Berjualan

Bisnis tempe merupakan usaha yang sangat menguntung kan. Bagi anda yang ingin menjalankan peluang usaha tempe hendaknya menentukan cara Berjualan yang akan digunakan.cara berjualan tempe bisa dilakukan dengan berbagai cara.bagi anda yang ingin bisnis tempe bisa cepat laku terjual hendaknya melakukan penjualan dengan cara berkeliling .daripada berjualan pada satu tempat saja.

Menentukan Cara Pemasaran

Supaya bisnis tempe yang anda jalankan dapat dikenal oleh masyarakat secara luas anda juga bisa melakukan pemasaran. Pemasaran juga bisa dilakukan dengan berbagai cara dan untuk saat ini yang sedang ngetrend di kalangan masyarakat adalah pemasaran dengan cara media sosial.

Beberapa sajian tips penting dalam menjalankan peluang usaha tempe bisa anda lihat di atas . Informasi ini sangat penting yang ingin mengembangkan bisnis tempe / belajar peluang dalam pemasara /pembuatan tempe, selain memperhatikan penjelasan.

Harga Jual Tempe

1. Tempe Yang Berukuran paling kecil Harga 3000.00

2. Tempe Yang Berukuran 20cm Lebar 6cm Harga 5000.00

3. Tempe Yang. Berukuran 40cm Lebar 6cm Harga 8000.00

Kerugian Dalam Pembuatan Tempe

1. Tempe membutuhkan banyak kedelai

Produksi jumlah kedelai di indonesia masih sangat sedikit ,hingga harus di ekspor dan harganya meningkat.

2. Antibiotik pada tempe dapat membunuh bakteri ,dan bermanfaat dalam tubuh.

Selain membunuh bakteri berbahaya,antibiotik tempe dapat membunuh bakteri bermanfaat seperti Bacilius subtilis yang hidup pada usus besar manusia dan membantu peencernaan.

3. Pembuatan tempe dapat terkontiminasi zat dan mikroba berbaya.

Misalnya adalah pembuatan tempe dengan campuran kelapa yang disebut tempe bongkrek, yang mengakibatkan tumbuhnya bakteri dan jenis burkholdia gladioli . Bakteri ini akan mengasilkan asam bongkrek yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.(*)




Penulis adalah: Mahasiswa UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Prodi Ekonomi Syariah*







loading...