Pengamat: Figur Yunninta Unggul Karena Mampu Meraih Di Semua Ceruk Suara



Sabtu, 15 Agustus 2020 - 06:47:04 WIB



Yunninta-Mahdan saat menghadiri pengumuman Cakada yang diusung PDIP di kantor DPD PDIP Jambi
Yunninta-Mahdan saat menghadiri pengumuman Cakada yang diusung PDIP di kantor DPD PDIP Jambi

JAMBERITA.COM-  Pasangan Yunninta - Mahdan (YA - Maha) diprediksi akan tampil sebagai pemenang pada Pemilihan Bupati Batanghari 2020. Menurut pakar politik dan pemerintahan, Dori Marfendi di Jambi, faktor figur sangat berkontribusi terhadap kemenangan, tanpa mengurangi peran partai.

Dalam hal ini pengamat yang sering disapa Endy ini menilai, kekuatan kandidat yang telah diusung Golkar dan PDI Perjuangan ini sangat kuat dalam meraih simpati pemilih.

Selanjutnya Endy mengatakan, sosok Yunninta Asmara sejak awal sudah unggul dibanding kandidat lainnya.  " Selaku istri Bupati dan politisi YA sudah populer, juga sudah menyiapkan diri, sekitar 2 tahun sejak disebut-sebut," ujar Endy ketika diskusi di El Mundo Cafe Jumat (14/8/2020) kemarin.

Menurut master politik dari Australia ini Yunninta unggul secara kualitas personal. Karena, memenuhi kriteria. YA juga dinilai punya latar belakang politik yang luat, leadership, pengalaman, dan integritas.

Selain itu, Endy menilai Yunninta mampu meraih di semua ceruk pemilih baik anak muda yang jumlahnya cukup banyak maupun pemiliih wanita dan lainnya.

Sedangkan untuk sosok Mahdan, pengalaman dan kualitasnya tidak perlu diragukan. Karena, menjabat Ketua DPRD Batanghari, anggota DPRD tiga periode. 

Dengan karakter ini, Endy menilai Mahdan melengkapi Yunninta Asmara yang dikenal sosok nasionalis. Saat menjabat nanti, Endy memprediksi Yunninta akan diuntungkan karena berpasangan dengan Mahdan. Karena, tokoh Maro Sebo Ulu tidak terlalu menonjolkan ego pribadinya.

"Kalau  YA kan sosok high profile, leadership-nya kuat. Jadi ada baiknya didampingi figur low profile, yang tidak memunculkan diri sendiri," katanya.

Endy optimistis kedua pemimpin ini akan tetap seiring sejalan hingga akhir masa jabatan jika terpilih Desember nanti. "Ini sisi positifnya Mahdan, tidak akan ada pecah kongsi. Di beberapa kasus, ketika kemudian wakilnya terlalu bersemangat, akan berbeda kejadiannya," tandasnya.(*/sm)









loading...