Wakapolda Jambi Pinta Temuan Tim Wasrik Itwasum Polri Segera Ditindaklanjuti



Jumat, 14 Agustus 2020 - 06:58:56 WIB



Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Dul Alim, MH
Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Dul Alim, MH

JAMBERITA.COM- Irwil II Inspektorat Pengawasan Pemeriksaan Umum (Itwasum) Polri Brigjen Pol Drs Sjamsul Sidiq, MM menyampaikan pengarahan (Taklimat) akhir tahap II TA 2020 Polda Jambi dan jajaran.

Dimana pelaksanaan/arahanan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Rumah Dinas Kapolda Jambi, Kamis (13/8/2020) yang merupakan Aspek pelaksanaan dan pengendalian Satuan Kerja (Satker) jajaran Polda Jambi.

Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut diawali dengan do'a dan laporan hasil pelaksanaan Wasrik Itwasum Polri yang dibacakan oleh Irwil II Itwasum Polri Brigjen Pol Drs Sjamsul Sidiq, MM.

Sebelumnya, pelaksanaan wasrik rutin Itwasum Polri Tahap II TA 2020 itu telah dilaksanakan mulai 5 sampai dengan 14 Agustus 2020 dapat berjalan dengan baik dan tanpa mengalami hambatan yang berarti.

Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Dul Alim, MH yang membacakan amanat Kapolda Jambi mengatakan bahwa pemeriksaan wasrik rutin ketua Polri tahap II TA 2020 dilakukan terhadap seluruh kesatuan kerja maupun satuan kewilayahan jajaran Polda Jambi.

Meliputi aspek pelaksanaan dan pengendalian agar dapat tercipta proses pelaksanaan program yang baik sehingga tujuan pelaksanaan dapat tercapai dengan efektif dan efisien serta ekonomis demikian juga dari segi pencatatan akan tercipta kehandalan pelaporan keuangan dan pengamanan aset negara yang semakin akurat dan mendekati kewajaran.

"Sedangkan aspek kepatuhan diharapkan akan tercipta terhadap peraturan Perundang-undangan serta terwujudnya sistem pengendalian intern di lingkungan Polda Jambi yang semakin baik," ujarnya.

Dari hasil temuan wasrik rutin Itwasum Polri Tahap II TA 2020 ada temuan yang bersifat positif dan ada temuan yang harus ditindaklanjuti. "Untuk itu saya minta agar objek segera melakukan perbaikan sehingga tidak ada lagi kesalahan adminitrasi atau penyimpangan dan hal-hal lain yang dapat mempengaruhi opini laporan keuangan Polri tahun 2020," tegasnya.

Wakapolda menegaskan, perlu disadari bersama bahwa berbagai macam kendala dan keterbatasan dalam tugas perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius dari semua pihak sehingga diharapkan tidak ada lagi temuan yang berulang pada masa yang akan datang, melainkan jadikan temuan wasrik sebagai proses pembenahan atau perbaikan manajemen organisasi sebelum dilakukan pemeriksaan eksternal yang akan dilaksanakan oleh BPK RI.

"Sehubungan dengan itu perlu dilaksanakan upaya perbaikan dan penyempurnaan untuk dijadikan sebagai faktor pendorong nasionalisme tugas Polri yang semakin baik transparan dan akuntabel, serta selalu berorientasi pada prinsip efektivitas efisiensi dan ekonomis," tegasnya.

Lebih lanjut, Wakapolda Jambi juga mengucapkan terima kasih serta penghargaan dan apreasi kepada seluruh anggota Tim wasrik Itwasum Polri yang telah melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh."Saya berharap kepada semua objek Wasrik untuk segera menindaklanjuti temuan atau rekomendasi tim wasrik dengan sungguh-sungguh paling lama 2 minggu setelah taklimat akhir ini kepada Irwasda Polda Jambi lengkap dengan dokumen dokumen pendukungnya," pungkasnya.(afm)







loading...