SAH Dorong Percepatan Penciptaan Lapangan Kerja Berbasis UMKM



Selasa, 14 Juli 2020 - 07:45:48 WIB



Sutan Adil Hendra
Sutan Adil Hendra

JAMBERITA.COM- Anggota Komisi IX DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) mengatakan penciptaan lapangan kerja dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) perlu terus didorong agar segera terlaksana. Semua itu demi untuk menciptakan lapangan kerja dan pemberdayaan UMKM yang ada di Indonesia.

Hal ini disampaikan SAH ketika menghadiri Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Ketenagakerjaan (8/7) beberapa waktu lalu.

Menurutnya, percepatan penciptaan lapangan kerja mendesak dilakukan karena sekitar 97% ekonomi Indonesia itu adalah UMKM. Di sisi lain, lebih dari 98% lapangan kerja di Indonesia diciptakan oleh UMKM.

"Kita harus memastikan bahwa UMKM juga bisa tumbuh berkembang serta produk dan jasa milik Indonesia bisa berjaya dalam situasi ketegangan yang diakibatkan oleh perang dagang antara Amerika dan China," ungkapnya. 

Dikatakan SAH yang dikenal sebagai Bapak Beasiswa Jambi ini, pemerintah seharusnya bisa melihat peluang sebagai akibat adanya perang dagang antara AS dan China. 

Menurutnya, kata kunci untuk memanfaatkan peluang tersebut ada pada inovasi yang bisa dilakukan pemerintah dengan mendorong percepatan reformasi struktural, khususnya di bidang ketenagakerjaan, perpajakan, dan kemudahan berinvestasi.

Sehingga SAH mengaku pada tiap kesempatan dirinya menyarankan untuk pemberdayaan UMKM bisa diberikan kesempatan kepada anak-anak muda. Hal ini dikarenakan anak-anak muda saat ini membutuhkan satu kebijakan sehingga mereka bisa memulai startup teknologi, terutama mengenai bisnis-bisnis yang sekarang yang disebut sebagai digital ekonomi.

"Program-program prioritas pemerintah ini mestinya mengarahkan kepada bagaimana kebijakan yang diperlukan agar ketidakpastian dunia ini tetap bisa memberikan peluang untuk ekonomi kita bertumbuh dan membuka lapangan pekerjaan," tandasnya.(*/sm)

 





Artikel Rekomendasi