BPJS Kembali Naik, SAH Perjuangkan Subsidi Untuk Orang Miskin



Kamis, 28 Mei 2020 - 09:55:18 WIB



JAMBERITA.COM- Keputusan Presiden Joko Widodo yang kembali menaikkan iuran BPJS ditanggapi oleh Anggota Komisi IX DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) secara komprehensif.

Menurut Anggota Fraksi Partai Gerindra itu meski Mahkamah Agung telah membatalkan kebijakan kenaikan iuran pada Maret 2020, namun Presiden tetap kembali menaikkan iuran BPJS melalui Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan pada 5 Mei 2020.

"Saya pikir yang perlu dipertimbangkan dalam kenaikan ini adalah subsidi untuk orang miskin, ok ada kenaikan, tapi pemerintah bisa melakukan skema pembiayaan lain untuk meringankan kepesertaan untuk masyarakat miskin," ungkapnya di sela - sela kunjungan kerja sekali setahun (15/5/2020) di Jambi. 

Dalam hal ini SAH menjelaskan sepanjang 2020 ini, iuran disokong oleh Pemerintah Pusat sebesar Rp16.500 per orang per bulan sedangkan sisanya yakni Rp 25.500 akan dibayar oleh peserta atau pihak lain atas nama peserta, dalam hal itu ini oleh Pemerintah Daerah akan dibayarkan oleh Pemda.

"Kita harus dorong regulasi yang tegas dan jelas kepesertaan kelas III bisa disubsidi oleh pemerintah, dan kita siap memperjuangkannya," tandasnya.(*/sm)

 









loading...