Awasi Kemungkinan Rekayasa Sembako Covid-19, Kapolda Jambi Bersama Rombongan Mendadak Datangi Bulog



Sabtu, 23 Mei 2020 - 15:18:22 WIB



Kapolda saat mendatangi Gudang Bulog
Kapolda saat mendatangi Gudang Bulog

JAMBERITA.COM - Kapolda Jambi Irjen Pol Drs. Firman Santyiabudi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Gudang Bulog di Kecamatan Pasir Putih yang menyiapkan sembako untuk dibagikan masyarakat yang terdampak Corona Virus Disease (Covid-19).

Kapolda sendiri tampak didampingi Danrem 042/Gapu Kolonel Kav M Zulkifli dan Kadis Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadinsosdukcapil) Provinsi Jambi Arif Munandar.

Untuk diketahui Sembako yang disiapkan tersebut merupakan bantuan pemerintah yang dialokasikan dengan anggaran refocusing APBD sebesar Rp102 Miliar untuk 30 ribu KK penerima dari setiap kabupaten kota yang didata.

Adapun Per-KK akan menerima bantuan sebesar Rp600.000, dan Rp250.000 secara tunai yang disalurkan melalui Kantor pos dan Rp350.000 dalam bentuk sembako yang akan dibagikan secara langsung kepada penerimanya.

"Kita mendatangi Gudang Bulog ini dalam rangka mengecek langsung ribuan paket sembako yang disiapkan pemerintah yang nantinya akan di distribusikan ke seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi," terangnya.

Hadir juga dalam sidak tersebut yakni, Dirkrimsus Polda Jambi Kombes Pol Edi Faryadi, Diskrimum Polda Jambi, Dir Lantas Polda Jambi, Kabid Humas Polda Jambi, Kabid Dokes Polda Jambi dan Kasubdit Politik Dit Ik Polda Jambi."Kita memastikan kualitasnya yang baik, (expayer) tidak ada kurang jumlah barangnya yang akan di kirim ke masyarakat," ujarnya.

Disana mereka juga melihat secara langsung proses pengepakan sembako mulai dari barang yang disiapkan sampai dengan penjaitan barang yang kemudian didistribusikan."Tidak ada rekayasa dalam penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat ini, kita liat langsung proses pengepakannya, mulai dari memasukkan barang hingga menjahit serta menimbang jangan sampai kurang," terangnya.

Kapolda menyampaikan, untuk hari ini Pemerintah menyiapkan sebanyak 3000 paket sembako yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat di Provinsi Jambi, yang mana kemarin 20 Mei 2020 sudah mulai di distribusikan ke Kabupaten Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

"Kita Instruksikan Babinsa maupun Babinkamtibmas untuk mengantar langsung kepada penerima sesuai alamat "Door To Door ", agar tidak terjadi kerumunan," jelasnya.

Pada saat sidak itu pula, Kapolda, Danrem dan rombongan tampak disambut Kepala Perum Bulog Divre Jambi Bachtiar AS dan Kepala Bidang Komersil Bulog Prov. Jambi Yanto.

"Intinya bantuan yang diberikan oleh pemerintah bisa didistribusikan dengan tepat sasaran dan diterima langsung oleh masyarakat yang berhak menerima bantuan tersebut," pungkasnya.

Danrem 042/Gapu Kolonel Kav Zulkifli menyampaikan pihaknya siap mengawal pendistribusian bantuan yang telah disiapkan yang diharapkan tidak ada permasalahan.

"Kita dari Korem 042/Gapu melalui Kodim, Koramil, hingga Babinsa terus mengawal pendistribusian paket sembako yang diberikan kepada masyarakat, jangan sampai ada permasalahan," pintanya.

Selain itu juga Danrem menghimbau, Kepala Desa (Kades) lurah agar berkoordinasi dengan Babinsa, Babunkamtibmas dalam pendistribusian paket sembako tersebut agar bantuan yang diberikan kepada warga tidak salah sasaran.

"Kta juga menghimbau, Lurah, Kades harus berkoodinasi dengan Babinsa maupun babinkamtibmas dalam pendistribusian, agar tidak salah dalam pemberian BLT ataupun paket sembako yang akan diberikan kepada masyarakat," tegasnya.(afm)









loading...