66 Sasaran BLT Dana Desa di Desa Merbau Disalurkan, Camat Mendahara: Jangan Konsumtif



Sabtu, 23 Mei 2020 - 07:23:37 WIB



Penyerahan BLT dana desa
Penyerahan BLT dana desa

JAMBERITA.COM, MUARASABAK – Penyaluran Bantuan Langsung Tuna (BLT) Dana Desa (DD), di Desa Merbau telah dilaksanakan Jumat (22/5). Penyaluran langsung dipantau oleh Camat Mendahara yang diwakili Kasi Kesos Kecamatan Mendahara Dewi Kristina, beserta perangkat Desa dan BPD Desa Merbau.

Dewi Kristina mengatakan, BLT DD ini hendaknya dimamfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat. Jangan sampai BLT yang disalurkan diperuntukan hal yang tidak penting. Sebab, dimasa saat ini penggunaan uang harus mendahulukan kebutuhan mendasar dan perlu berhemat.

“Jangan konsumtif, belanjakan yang perlu-perlu saja. Mudahan BLT ini dapat membantu masyarakat kita yang menerimanya,”ungkapnya.

Selain itu Wanita berkacamata ini juga mengingatkan agar warga tetap taat pada anjuran pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19. Pola hidup sehat dan tidak keluar rumah kecuali ada persoalan penting harus dilakukan.

“Pemerintah Desa telah memberikan masker, jangan lupa dipakai. Untuk sementara jangan dulu kumpul-kumpul. Kesadaran kita akan menyalamatkan diri kita dan keluarga,”tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Merbau Amiruddin mengatakan, ada sebanyak 66 sasaran pada BLT DD Desa Merbau. Dan penyerahan ini merupakan penyerahan tahap I.

Untuk penerima lanjutnya, penetapannya berdasarkan Musyawarah Khusus (Musdesus) Desa Merbau pada 12 Mei lalu. Nama-nama yang dibawa pada Musdessus merupakan hasil pendataan tim relawan yang diberi mandat seminggu sebelum Musdessus dilakukan.

“Mekanisme penetapan penerima BLT DD ini tentu berdasarkan aturan yang ditetapkan Kemendes (Kemendes). Setelah difinalisasi di Musdessus, nama-nama penerima ditetapkan dalam Peraturan Kepala Desa (Perkades) Desa Merbau Nomor 02 Tahun 2020,”jelasnya.

Mantan wartawan Jambi Independent ini menambahkan, untuk kreteria penerima tentu juga berdasarkan petunjuk teknis yang dikeluarkan Kementrian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Trasmigrasi. Penerima BLT DD adalah warga kurang mampu, memiliki penyakit kronis atau korban PHK.

“Selain itu penerima BLT ini juga tentu bukan warga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan bukan juga menerima bantuan BST Pusat dan bantuan sembako Jaminan Pengaman Sosial (JPS) yang bersumber dari Kabupaten dan Provinsi,”katanya.(*/sm)




Tagar:

# TANJABTIMUR





loading...