SAH: Mengkhawatirkan, Penanganan Virus Corona Harus Lebih Baik



Kamis, 02 April 2020 - 06:05:58 WIB



Sutan Adil saat diwawancarai
Sutan Adil saat diwawancarai Dokumen

JAMBERITA.COM- Anggota Komisi IX DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) menyoroti cara penanganan Virus Corona (Covid 19), Dilansir dari suara.com, dari pantauan para ilmuwan dunia, Indonesia dinilai memiliki penanganan virus corona terburuk.

Menanggapi hal ini, Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI itu meminta pemerintah bisa lebih fokus pada upaya penanggulangan Virus Corona daripada memperdebatkan pendapat dunia luar terhadap penanganan virus yang telah menjadi Pandemi Global tersebut.

"Dari semua negara di Asia Tenggara, Indonesia yang paling menkhawatirkan. Indonesia memiliki populasi yang sangat besar namun birokrasi yang tidak rapi. Penanganan krisis yang buruk di Indonesia akan membuat negara terpapar semakin buruk," ujar Anggota DPR yang dikenal sebagai Bapak Beasiswa Jambi tersebut. 

Bahkan SAH mengingatkan berbagai  tanda peringatan bahwa situasi di Indonesia bisa jauh lebih buruk daripada jumlah kasus yang diekspos ke publik, harus dijawab dengan sikap tegas dan keterpaduan koordinasi antara pemerintah dan masyarakat.

Tingkat kematian di Indonesia saat ini sekitar delapan persen dari kasus, jauh lebih tinggi daripada rata-rata internasional, meskipun ini mungkin hanya mencerminkan sejumlah kecil tes yang dilakukan secara proporsional.

Sebelumnya menurut SAH, pemerintah menyangkal penyebaran virus selama berminggu-minggu. Indonesia telah menguji sekitar 1.500 orang dari 270 juta populasi, angka yang tidak sebanding jika dibandingkan dengan lebih dari 80 ribu orang yang diuji di Australia dan 250 ribu orang di Korea Selatan.

Namun SAH mengingatkan ini adalah ujian yang harus kita kontrol secara baik, dengan transparan, akuntabel dan efisien sistem kesehatan yang kita jalankan secara disiplin, kita harus taat prosedur.

Dalam hal ini, SAH mengatakan pemerintah harus meniru Hong Kong dan Singapura telah menangani pandemi Virus Corona dengan relatif baik. Kedua negara ini memiliki keuntungan tersendiri, seperti wilayah yang lebih kecil sehingga memiliki batas terkontrol dengan baik dan membuat pelacakan kontak dan penyaringan kontak intensif lebih mudah.

Hal penting yang dapat dipelajari dari negara seperti Singapura, Hong Kong, Taiwan, dan Korea Selatan dalam menangani Virus Corona adalah pengujian yang dilakukan sejak awal dan secara luas, isolasi yang efektif, penelusuran kontak, dan karantina. Itu menjadi kunci untuk mengendalikan virus di bawah kendali.

Sehingga SAH mengharapkan Indonesia bisa lebih memiliki respons yang efektif dan terkoordinasi, negara membutuhkan investasi yang jauh lebih besar dalam memperkuat sistem kesehatan di seluruh wilayah.(*/sm)

 







loading...