Putuskan Rantai Penyebaran Covid-19, Kejaksaan di Jambi Gelar Sidang Perkara Melalui Teleconfrence



Kamis, 26 Maret 2020 - 20:35:16 WIB



JAMBERITA.COM - Sidang perkara pidana terhadap 4 orang terdakwa di Kejaksaan Negeri Kabupaten Sarolangun berlangsung dengan metode Video Conference, Kamis (26/3/2020).

Kasi Penkum Kejati Jambi Lexy Fatharani mengatakan sidang berlangsung antara Pengadilan Negeri Sarolangun dan Lapas Kelas II B Sarolangun, dengan terdakwa tetap berada di Lapas.

"Sedangkan Majelis Hakim dan Penuntut Umum melaksanakan sidang di PN Sarolangun," ungkapnya.

Persidangan dengan metode ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 yang saat ini sedang mewabah di beberapa wilayah Indonesia.

"Bahwa persidangan hari ini dengan agenda Tuntutan dan Pemeriksaan Saksi dan berakhir sekitar pukul 15.30 Wib," jelasnya.

Sebelumnya, Jaksa Agung menantang setiap Kejaksaan Tinggi (Kejati) di seluruh Indonesia untuk menggelar sidang perkara pidana secara online, hal ini bertujuan untuk mengurangi aktivitas pertemuan terkait wabah virus corona atau covid 19.

"Saat ini Kejati Jambi tengah mempersiapkan tantangan tersebut, seperti diketahui, selama ini persidangan perkara pidana di pengadilan negeri masih berjalan normal," ungkapnya.

Sidang online/teleconfrnce tersebut dilakukan dengan para pihak, baik jaksa, hakim, pengacara maupun terdakwa tidak berada di ruang sidang namun tetap di tempat masing- masing dan sarana penunjangnya adalah laptop yang sudah disetting aplikasi khusus di setiap tempat.

"Pada prinsipnya kebijakan Jaksa Agung untuk sidang dengan teleconfrence akan kita laksanakan, saat ini para Kasi Pidum akan berkoordinasi dengan Pengadilan dan Rutan/Lapas supaya perangkat teleconfrence terpasang dan paling lambat minggu depan sudah aktif," jelasnya.

"Para wartawan nanti tetap bisa meliput di pengadilan, kejaksaan kan kantornya dekat sebelahan dan pembatasan orang keluar rutan dikarenakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid19," pungkasnya.(afm)







loading...