Koordinasi Ke Berbagai Pihak, SAH Perlihatkan Kesungguhan Bantu Tanggulangi Virus Covid-19



Kamis, 26 Maret 2020 - 07:27:51 WIB



JAMBERITA.COM- Totalitas sebuah pengabdian tergambar dari kesungguhan Anggota DPR RI Sutan Adil Hendra Sutan (SAH) dalam menanggulangi penyebaran Virus COVID-19 di Indonesia khususnya Provinsi Jambi.

Di awali dengan kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dan Sosialisasi Penanganan Virus Corona (16/3) lalu bersama Wakil Walikota Jambi Dr. dr. H. Maulana., M.KM dan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI dr. Cut Putri Arianie, M.H. Kes, dilanjutkan dengan koordinasi penanganan Orang Dalam Pengawasan (ODP) Virus Corona di RSUD Abdul Manap Jambi sebagai rumah sakit rujukan. 

Dalam koordinasi tersebut, SAH juga mengapresiasi langkah cepat pemerintah Provinsi dan Kota Jambi dalam melakukan pengawasan ketat di Bandara Sultan Thaha sebagai pintu utama kedatangan dan keberangkatan masyarakat dari luar ke Jambi ataupun dari Jambi ke luar Kota. 

Selanjutnya SAH juga melakukan koordinasi dengan Bupati Tanjung Jabung Barat H. Safrial masalah pengawasan pintu masuk dan keluar Provinsi Jambi melalui pelabuhan, Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI ini langsung melaksanakan Rapat Kerja secara virtual dengan Kementerian Kesehatan dan Ketua Gugus Percepatan Penanganan COVID-19.

Berbagai upaya yang dilakukan tokoh yang disebut sebagai Bapak Beasiswa Jambi itu berangkat dari rasa keprihatinan yang mendalam terhadap situasi masyarakat yang terancam oleh kasus pandemi Corona.

Seperti kemarin (24/3) SAH terlihat aktif dan lantang menyuarakan kepentingan masyarakat Jambi untuk penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

Dalam paparannya, SAH memberi perhatian penuh keselamatan tenaga medis baik dokter, perawat dan tenaga kesehatan yang berada di lini depan dalam memerangi Virus Corona.

Pada kesempatan itu juga pria yang dikenal sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi itu memberikan apresiasi pada semua tenaga medis atas jasa dan perjuangan mereka dalam memberi layanan, perlindungan dan bantuan pada korban virus yang telah memaksa pemerintah menerapkan status bencana nasional tersebut.

"Atas perjuangan, pengabdian para petugas medis atas dedikasi dan pengorbanan mereka untuk membantu masyarakat yang terkena Virus Corona, kita sangat mengucapkan terima kasih, atas perjuangan mereka,” ungkapnya. 

Belum berhenti sampai disitu, SAH yang dikenal pejuang politik yang merakyat ini juga berkoordinasi dengan Kepala LPMP Abdul Kamil untuk mempersiapkan fasilitas pendukung percepatan penanganan COVID-19, Seperti diketahui saat ini pemerintah provinsi juga sudah menambah 5 rumah sakit rujukan COVID-19 yakni RS H Abdul Manap Kota Jambi, RS Daud Arif Kuala Tungkal, RS H Hanafi Bungo, Rs Hamba Batang Hari, RS HA Thalib Kerinci.

Namun, saat ini di Provinsi Jambi sendiri sudah banyak Orang Dalam Pengawasan (ODP) COVID-19 yang menunggu hasil laboratorium tetap harus diisolasi dan saat ini rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 sangat membutuhkan tambahan ruangan isolasi. Kondisi ini membuat SAH berinisiatif mencari fasilitas yakni tambahan tempat isolasi.

"Saya sungguh apresiasi keterbukaan yang ditunjukkan Pak Abdul Kamil Kepala LPMP Jambi atas kerjasama dan sikap kooperatif yang diperlihatkannya, ini menunjukkan beliau merupakan seorang aparatur sipil negara yang mengerti akan kondisi daerah, saya salam hormat atas sikapnya ini,” imbuh SAH. 

Dalam koordinasi SAH dengan Kepala LPMP ini, disepakati beberapa hal yang menjadi langkah untuk membantu pemerintah menangani masalah penyebaran Virus Corona di Jambi. Kesepakatan itu antara lain :

Asrama LPMP jika dibutuhkan siap digunakan menjadi salah satu lokasi penanganan Covid-19, dikarenakan ruangan isolasi RS saat ini tidak mencukupi. Tersedia 100 kamar dan 200 tempat tidur.

Pasca sekolah, LPMP siap membantu sosialisasi COVID 19 kepada masyarakat melalui mobil pintar keliling untuk sosialisasi mejaga diri dari COVID-19.

Jika Perkantoran dan Sekolah sudah tidak diliburkan lagi, LPMP siap menjadi tempat pelatihan bagi para guru dan tenaga pendidik agar dapat melakukan sosialisasi COVID-19 di Sekolah.

"Untuk itu, kita minta Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi serta pihak terkait agar segera menindaklanjuti hasil kesepakatan dengan Kepala LPMP tersebut," jelasnya

Terakhir, SAH menghimbau kepada seluruh masyarakat Jambi untuk tidak keluar rumah “Tenaga medis bekerja untuk kita, kita berdiam diri di rumah untuk menyelamatkan dunia”, ungkapnya.

Termasuk tetap menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, jika sakit menggunakan masker, dan jika ada gejala COVID-19 periksakan diri ke posko atau rumah sakit terdekat.(*/sm)

 







loading...