Foto Fachrori Di tengah Wabah Virus Corona Menuai Protes, HMI Jambi: Itu Bukan Dana Pribadi



Rabu, 25 Maret 2020 - 06:24:11 WIB



JAMBERITA.COM - Foto yang beredar luas di Media Sosial (Medsos) Facebook dengan bertuliskan tanggap Covid-19 Fachrori Umar siapkan Rp11 Miliar untuk tangani Covid-19 di Jambi menuai protes.

Pasalnya, Fachrori Umar sendiri merupakan salah satu Bakal Calon Gubernur mendatang yang kini masih aktif menjabat Gubernur Jambi dalam mengemban amanah menjalankan roda pemerintahan Jambi Tuntas 2021.

BACA: Klarifikasi Soal Foto Fachrori yang Menuai Protes, Ady: Mohon Maaf

Disayangkan lagi dalam foto yang beredar luas di Medsos itu tidak ada kata atau bahasa bahwa anggaran Rp11 Miliar itu disiapkan oleh pemerintah, malah tertulis beberapa hastag ##Komitmenfu #Jambiberkah dan #fuforgubernurjambi.

Ketua Badan Kordinasi (Badko) HMI Jambi Iin Habibi menyayangkan itu seakan telah mengklaim menyiapkan uang secara pribadi untuk penanganan Virus Corona yang tengah mewabah.

"Sangat menyayangkan di tengah musibah virus corona tim Fahrori Umar sempat- sempatnya membuat gambar seakan-akan itu uang pribadi nya pak Fahrori," katanya Rabu (25/3/2020).

Untuk diketahui bahwa anggaran Rp11 Miliar yang terpajang di foto Fachrori itu merupakan Dana Tak Terduga yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dalam rangka penangangan Covid-19.

"Anggaran itu bukan dana pribadi, kecuali memang pak Fachrori mau menyumbangkan uang pribadi nya, mau gak?. Saya yakin nggak mau, jangankah Rp11 M, Rp1 M saja mungkin nggak mau," sesalnya.

Seharus nya sekarang ini, Iin Habibi secara arif dan bijaksana mengajak semua stacholder terkait fokus dalam pencegahan penyebaran virus corona, terlebih di Jambi sudah ada satu pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Seharusnya saat ini kita fokus menghadapi wabah virus ini secara bersama-sama, bukan mengambil momentum dari kebijakan, untuk kepentingan popularitas pribadi," terangnya.

Sebelumnya, setelah rapat koordinasi tim gugus tugas penanganan Corona yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi Senin (23/3/2020) kemarin, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto juga sempat menyinggung soal dana Rp11 Miliar itu.

"Rp11 Miliar yang dianggarkan untuk penanganan virus corona ini itu betul betul tepat sasaran," jelasnya.

Jubir Penanganan Covid 19 Johansyah, Selasa (24/3/2020) di ruang Utama Kantor Gubernur juga menyampaikan Pemprov Jambi bersama dengan pejabat berwewenang dan Kepala Badan Keuangan Daerah telah sepakat menyiapkan anggaran sebesar Rp11 M untuk penanganan Corona.

"Itu untuk menunjang semua kegiatan tim dilapangan termasuk untuk menunjang kebutuhan ruang isolasi dalam penanganan Corona," pungkasnya.(afm).







loading...