Yunninta: Insya Allah Batanghari Unggul Kita Mulai Dari Manusianya



Jumat, 28 Februari 2020 - 07:28:04 WIB



JAMBERITA.COM- Visi Batanghari Unggul yang digagas Hj. Yunninta Asmara, SH memberikan perhatian penuh pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).  "Visi Batanghari Unggul punya prioritas menjadikan manusia sebagai manusia unggulan. Manusia yang memiliki nilai dan tanggung jawab baik secara vertikal maupun secara horizontal baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat, ungkap Yunninta di Jakarta (27/2/2020) kemarin.

Konsep SDM unggul sendiri menurut istri Bupati Batanghari Syahirsah merujuk dari Al Qur'an yang telah memberi kriteria yang jelas capaian unggul yang ingin dicapai dalam aspek SDM

Pertama, SDM unggulan menurut Al-Quran adalah manusia yang berwawasan iqra'. Manusia iqra adalah manusia yang secara terus menerus mampu mengembangkan pemikiran dan wawasan.

Selanjutnya yang kedua, Manusia atau SDM unggulan dalam pandangan Al-Quran adalah manusia yang mampu mengkombinasi antara ketajaman hati dan kecermelangan akal. Manusia yang solid secara zikir dan tajam secara akal.

SDM unggulan seperti ini digambarkan dalam Al-Quran sebagai berikut: 'Yaitu mereka yang mengingat Allah (dzikir) dalam keadaan berdiri, duduk, dan berbaring (di setiap saat dan keadaan). Dan mereka yang berpikir tentang penciptaan langit dan bumi".

Ketiga, SDM atau manusia unggulan dalam Al-Qur'an bercirikan kesalehan. Yaitu manusia yang dalam hidupnya selalu menghadirkan nilai-nilai keselahan (kebajikan). Kapan, di mana dan dalam keadaan bagaimanapun dia akan selalu menghadirkan kemaslahatan (bukan kemudhoratan) bagi dirinya dan orang lain.

Maka menurut Ketua TP PKK Batanghari itu SDM atau manusia saleh yang diunggulkan Al-Qur'an adalah manusia yang memiliki karakter kesalehan atau kebajikan yang menyeluruh.

Inilah yang kita kenal dengan SDM atau manusia ungggul yang menjadi agen perubahan (agente of change), ini yang menjadi nafas pembangunan SDM yang saya gagas, dengan menyeimbangkan pendidikan agama dan umum, jelasnya.

Sedangkan yang kelima, SDM atau manusia unggul dalam pandangan Al-Qur'an adalah manusia yang memiliki wawasan global (global mind-set). 

"Agama Islam itu adalah agama global. Tidak oleh batas negara, ras dan etnis, bahkan tidak juga oleh warna kulit dan status dunia lainnya, hari ini pergaulan menentukan keunggulan, baik pribadi maupun daerah, jadi kita tidak bisa menutup diri," katanya.

Karena itu Yunninta berkeyakinan SDM atau manusia unggulan seharusnya memiliki tabiat agama itu. Yaitu tabiat dan wawasan global yang tidak dibatasi oleh sempitnya dinding-dinding kemanusiaan itu.

Jika Batanghari memiliki SDM-SDM unggulan itulah pada akhirnya akan membentuk sebuah masyarakat unggulan. Masyarakat yang bercirikan peradaban tinggi yang lebih dikenal dengan masyarakat Madani, akan terwujud di Batanghari.(*/sm)









loading...