BREAKING NEWS: Effendi Hatta, Zainal Abidin dan Muhamadiyah Divonis 4 Tahun Penjara



Kamis, 27 Februari 2020 - 11:42:20 WIB



JAMBERITA.COM - Sidang putusan dugaan suap RAPBD 2017 untuk terdakwa Zainal Abidin, Effendi Hatta, dan Muhammadiyah akhirnya dimulai, Kamis (27/2/2020). Saat ini persidangan baru saja dimulai dengan dipimpin Hakim Ketua Yandri Roni.

Dalam hal ini, majelis hakim menyebutkan secara bergantian bahwa terdakwa terbukti bersalah telah melakukan tindakan yang berkenaan dengan kewenangannya serta menerima hadiah atau janji. Hal ini juga sudah diakui oleh para terdakwa selama dalam proses persidangan.

BACA: Effendi Hatta, Muhamadiyah dan Zainal Abidin Terima Vonis 4 Tahun, Jaksa Pikir-Pikir

"Hal ini menjadi fakta persidangan ditambah keterangan saksi yang juga tidak dibantah oleh para terdakwa membuat hakim tidaklah sulit untuk mendapatkan fakta hukum yang ada," kata hakim.

Dengan demikian maka telah terpenuhi unsur pidana sebagai mana diatur dalam 12 huruf a Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

"Terhadap hal tersebut, hakim memberikan putusan bahwa terdakwa secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi dan diberikan hukuman penjara selama 4 tahun dengan denda 200 Juta. Jika denda tidak dibayar maka diganti penjara 3 bulan. Juga pencabutan hak politik selama 5 tahun," katanya.

"Untuk Terdakwa Effendi Hatta diwajibkan mengembalikan uang 100 juta rupiah, jika tidak dibayarkan maka akan disita harta bendanya. Terakhir jika tidak bisa maka akan diganti selama 3 bulan penjara," tandasnya. (am)









loading...