Tampung Aspirasi Masyarakat Pematang Gajah, DPRD Provinsi Dorong Usulannya ke Dinas Terkait



Senin, 17 Februari 2020 - 16:43:47 WIB



JAMBERITA.COM - Anggota DPRD Provinsi Jambi dari Fraksi Golkar Ivan Wirata kembali turun kelapangan yang sebelumnya mendatangi Kantor Kepala Desa (Kades) Mendalo darat.

Kali ini Ivan Wirata menyambangi Kantor Desa Pematang Gajah Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko) Kabupaten Muaro Jambi, Senin (17/2/2020).

Kedatangan Ivan langsung disambut oleh Kepala Desa (Kades) setempat Rahmat mengucapkan terimakasih kepada Ivan telah menyempatkan diri untuk datang menyambangi warga Pematang Gajah.

Dalam pertemuan kepada anggota DPRD Dapil Muaro Jambi Batanghari tersebut, Kades bersama aparatur meminta kepada Ivan Wirata dapat mendorong usulan mereka yakni peternakan Ayam kampung Pedaging.

Menurut mereka usaha tersebut untuk memberikan kemudahan bagi yang membutuhkan daging ayam, menciptakan lapangan pekerjaan, membangun semangat usaha dan membangun kemandirian masyarakat dalam menghadapi tantangan global.

"Tujuan usaha ini adalah untuk mengembangkan peternakan ayam kampung pedaging sehingga mampu membuka peluang kerja baru yang akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan," ujarnya.

Manfaat dari usaha itu sendiri yaitu untuk mengembangkan potensi peternakan ayam kampung dan menambah pengalaman serta meningkatkan kerjasama dalam manajemen usaha yang akan membuka peluang kerja baru dan meningkatkan pendapatan atau penghasilan.

"Kekurangan usaha dalam merawat ayam diperlukan teknik dan pengetahuan yang tepat tentang peternakan, karena beternak ayam tidak mudah," sebutnya.

Beternak Ayam diperlukan teknik mulai dari takaran makan, minum, luas serta kandang lingkungan, yang juga harus disesuaikan agar ayam dapat tumbuh dengan baik, terlebih banyaknya penyakit seperti flu burung dan penyakit ayam lainnya dapat mengancam.

Penelusuran jamberita.com mereka aparatur desa mengusulkan proposal permohonan agar mendapatkan bantuan uang sebesar Rp55.400.000 yang terdiri untuk ayam super 15 paket, tempat minum ayam 80 buah paket, pakan ayam 1.500 KG dan tempat makan ayam 80 buah dan lainnya.

"Modal yang dikeluarkan selama usaha yaitu Rp55.400.000 dalam waktu 3,5 bulan ayam siap dijual dengan harga Rp45.000/Kg dan menghasilkan pendapatan kotor Rp91.545 000 sehingga usaha dapat balik modal dan menghasilkan untung Rp36.145.000," jelasnya.

Salah satu warga Desa Pematang Gajah dari Kelompok Tani Sumber Makmur Sudarmanto langsung menyampaikan keluhannya kepada Ivan Wirata, meminta agar Dinas Peternakan dan Pemerintah Desa dapat memperhatikan kesejahteraan para petani.

"Kalau kepala dinas nya iyo, iyolah tapi kalau dibawa nya sering nyangkut- nyangkut, biasalah itu pak termasuk juga masalah kualitas bantuan yang di kasih, bapak paham lah kan," terangnya.

Ivan Wirata mengatakan bahwa kehadirannya dalam rangka silahturahmi sekaligus menampung aspirasi tadi saya telah mendapatkan pemaparan singkat baik dari Kades sekalipun dari pelaku/petaninya secara langsung.

"Jadi ini kita secara langsung mendengarkan dari pelaku atau petaninya ya, mudah-mudahan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Jambi dapat memenuhi usulan-usulannya, kita berdo'a saja," pungkasnya.(afm)









loading...