Anak IW Dkk Kembali Harumkan Titian Teras Jambi di Kancah International, Ini Temuannya



Minggu, 16 Februari 2020 - 22:36:10 WIB



Raihan Wirata (kiri)
Raihan Wirata (kiri)

JAMBERITA.COM - Achmad Ivka Raehan siswa dari kelas XII SMAN Titian Teras Abdurrahman Sayoeti Muaro Jambi kembali mengharumkan nama Provinsi Jambi di kancah internasional.

Kali ini Raehan mendapat medali di perlombaan at Asean Innovation Science and Entrepreneur Fair 2020 BG Junction Bubutan Surabaya Indonesia pada 14 sampai dengan 16 February 2020.

Dalam kompetensi tersebut, mereka dari Sekolah Titian Teras Jambi berhasil memukau dewan juri, karena penemuan mereka yakni membuat limbah bawang putih menjadi kertas sehingga menyabet sertifikat dan medali emas.

Adapun peserta yang mengikuti perlombaan tersebut yaitu dari berbagai Negara di dunia, seperti Thailand, Malaysia, Kamboja, Vietnam dan Filipina sedangkan perwakilan dari Titian Teras di ketuai oleh Achmac Ivka Raihan, Alwahidil Zuhri, Amila Nuskya, Aisyah Putri dan Tuyuman Satriadi.

Raihan mengatakan perlombaan itu awalnya diikuti oleh 600 peserta dari 6 Negara dan mengerucut menjadi 200 peserta yang akhirnya di nilai oleh dewan juri menjadi juara peraih medali emas, perak dan perunggu.

"Pertama yang daftar 600, diseleksi jadi 200 kurang jadi finalis," ujarnya setelah menerima sertifikat dan medali emas bersama kawan-kawannya.

Selanjutnya, orang tua dari Achmad Ivka Raihan yakni Ivan Wirata yang sekaligus saat ini menjadi anggota DPRD Provinsi Jambi sangat mengapresiasi prestasi dari pelajar Titian Teras tersebut.

"Kita sangat bangga apalagi ini yang diikuti oleh peserta yang cukup banyak, dan Raihan bersama kawan kawannya ternyata berhasil membawa nama Indonesia di internasional khususnya nama baik Jambi," ungkapnya dikediamannya.

Menurut Ivan Wirata dengan temuan limbah bawang putih itu pula akan menjadikan solusi bagi masyarakat untuk dapat memanfaatkannya dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan dan membuka lapangan pekerjaan.

"Contoh, kita kan sekarang tidak dibolehkan lagi menggunakan kantong plastik, nah ini bisa dijadikan industri penganti dan ramah lingkungan," terangnya.

Ivan juga mengatakan bahwa hasil temuan pelajar Titian Teras tersebut sesuai dengan rencana dewan dalam membuat Peraturan Daerah (Perda) terkait dengan penyelenggaraan inovasi daerah yang membutuhkan temuan-temuan baik di bidang wirausaha maupun riset.

"Jadi dalam Perda Inovatif daerah itu ada 3, pertama soal pelayanan publik, ke-2 tata kelola Pemerintahan dan ke-3 soal pembinaan inovasi produksi, baik dari pemerintah sendiri masyarakat maupun dari dunia pendidikan," katanya.

Sekarang Ranperda tersebut tengah dalam proses yang akan ditargetkan di tahun 2020 segera direalisasikan."Nanti tugas pemerintah atau dinas terkait lah untuk melakukan pembinaannya terhadap masyarakat atau anak anak yang berprestasi itu," tuturnya.

Setelah dilakukan pembinaan lebih lanjut maka Ivan juga berharap apa yang menjadi temuan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat agar segera diberikan hak paten."Kita minta dukungannya kepada pemerintah," jelasnya.

Sebelumnya Achmad Ivka Raehan bersama kawan-kawannya juga berhasil mendapat medali emas di International Young Inventore and Exhibition-IYSIE 2019 di Kualalumpur, Malaysia yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara di dunia.

"Iya Alhamdulillah,senang dan bangga," tambah Guru Pembina Karya Ilmiah Sekolah Titian Teras Jambi Irma Wahyuni Zainal.

Irma berharap prestasi dan temuan Raihan bersama kawan kawannya itu akan dapat menjadi pemicu serta motivasi bagi anak anak dan pelajar sekolah Titian Teras lainnya.

"Kita berharap nanti setelah Raihan dari kelas XII bersama kawan kawannya, akan ada Raihan Raihan selanjutnya," pungkasnya.(afm)




Tagar:

# Ivan Wirata





loading...