Antisipasi Virus Corona Di Jambi, SAH Harap Pemerintah Lakukan Koordinasi Lintas Sektoral



Senin, 27 Januari 2020 - 07:56:09 WIB



Sutan Adil Hendra
Sutan Adil Hendra

JAMBERITA.COM-  Beredarnya informasi tentang masyarakat di Jambi yang diduga terkena Virus Corona mengundang keprihatinan dari Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Sutan Adil Hendra (SAH).

Namun, Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi ini mengingatkan, bila nantinya didapati warga yang memiliki gejala seperti terkena paparan virus tersebut, diharapkan agar proses diagnosa dilakukan secara detail dan lengkap.

Mengkonfirmasi riwayat perjalanan serta interaksi kepada pasien yang terjangkit harus dilakukan secara detail guna memastikan apakah pasien itu benar-benar terjangkit virus tersebut atau tidak.

“Langkah ini penting agar nantinya justru tidak menimbulkan kesalahan diagnosis yang akan berujung pada kesalahan pada penyebaran informasi kepada masyarakat,” tandasnya.

Selain itu SAH yang dikenal sebagai Bapak Beasiswa Jambi ini juga meminta pemerintah daerah memperketat pintu masuk daerah guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona yang masuk dari luar negeri.

Hal ini disampaikan SAH ketika menanggapi adanya pasien yang diduga telah terjangkit Virus Corona di RSUD Raden Mattaher Jambi.

"Saya pikir antisipasi harus kita lakukan terus menerus, mulai dari pintu bandara, edukasi ke masyarakat, termasuk langkah dari pihak rumah sakit di daerah jika ada masyarakat yang terkena Virus Corona tersebut."

Antisipasi itu meluputi pemberian health alert card, edukasi dan informasi kepada masyarakat, hingga menyiapkan 100 rumah sakit rujukan infeksi emerging.

Selain itu, SAH meminta pemerintah daerah khususnya Dinas Kesehatan bekerja sama lintas-sektor serta memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai dampak kesehatan akibat virus tersebut.

"Saya kan sudah utarakan di media massa berlakulah hidup sehat, kalau batuk ya ditutup, kalau sedang flu ya pakai masker, jangan sampai menulari temannya," pungkasnya.(*/sm)

 












loading...