HMI Desak Dewan Gunakan Hak Interpelasi Soal Perombakan Pejabat di Pemprov Jambi



Senin, 20 Januari 2020 - 11:49:19 WIB



JAMBERITA.COM - Persoalan pelantikan ratusan pejabat eselon III, IV dan Fungsional serta adanya pejabat eselon II yang dinonjobkan dari jabatan terus bergulir sampai dengan hari, Senin (20/1/2020).

Kali ini, Ketua Badko Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Provinsi Jambi Iin Habibi beserta rombongan menghadap Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto beserta Pimpinan fraksi.

"Kita mendesak DPRD agar menggunakan hak interpelasi dan membentuk pansus soal pengangkatan dan pemberhentian pejabat Pemprov Jambi," ujarnya.

Hak interpelasi yang dimaksud, DPRD Provinsi Jambi diminta agar Kepala Daerah/Gubernur Jambi Fachrori Umar segera memberikan klarifikasi soal perombakan pejabat yang mereka duga telah melabrak aturan undang-undang.

"Jika pak Gubernur tidak menanggapi hak interpelasi dewan maka, dewan bisa saja mengusulkan untuk pemberhentian gubernur kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI," tuturnya.

Lebih lanjut, Iin mengaku kedatangan mereka juga langsung disambut bahkan mendapat dukungan sementara dari 4 Fraksi yang ada di DPRD Provinsi Jambi untuk menuntaskan persoalan pejabat ini. Karena menyangkut kinerja seorang ASN dimasa mendatang.

"4 Fraksi itu, PAN, PDIP, PPP, Berkarya dan Demokrat mendukung dan siap mengajukan hak interpelasi dan akan membentuk Pansus, kami juga tadi datang membawa beberapa berkas dari KASN dan beberapa data yang kami duga telah melabrak aturan," pungkasnya.(afm)












loading...