Awalnya Kasihan, Petugas Dinsos Kota Jambi Malah Kecolongan Bahkan Diancam dengan Sajam



Jumat, 17 Januari 2020 - 18:47:23 WIB



JAMBERITA.COM - Belasan pengemis yang berada di beberapa simpang lampu merah di Kota Jambi diamankan petugas dari Dinas Sosial (Dinsos), Jum'at (17/1/2020).

Penyisiran mereka untuk ketertiban umum itu mulai dilakukan dari simpang Jelutung, lampu merah pasar sampai dengan ke simpang lampu merah Jembatan Makalam.

Sesampainya disana petugas mendapatkan seorang bapak paruh baya dan dua orang anak perempuan dibawa umur. Melihat petugas, dua anak perempuan tersebut langsung histeris menangis agar tidak ikut dibawa.

Melihat kedua anak perempuan dibawa umur, yang berpakaian lusuh dengan memegang kantong plastik berisiikan tisu itu, petugas pun langsung merasa iba sehingga dirangkul dan dibujuk agar ikut dan dibawa dengan mobil dinas Nopol BH 1186 HZ.

Sedangkan seorang pria yang mengaku bapaknya melarang agar petugas tidak membawa mereka ke Dinsos. Tetapi karena diminta petugas dengan berat hari bapak itu akhirnya juga ikut.

Petugas pun beriringan melanjutkan penyisiran ke arah Simpang Pulai Kota Jambi. Belum lama turun dari mobil petugas malah kecolongan. Bapak dan dua anak tersebut nekat kabur dan satu anak diamankan.

Naasnya salah satu petugas yang mencoba untuk mengejar bapak dan anak anak itu, sempat diancam oleh bapaknya dengan mengeluarkan pisau. Melihat aksi itu petugas membiarkan bapak dan 1 anak pergi.

Alhasil petugas dengan rombongan kembali ke kantor Dinsos dan akan melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian reserse sektor Jelutung karena dikhawatirkan akan membahayakan.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Jambi Rekan Budiman mengatakan kegiatan monitoring ini merupakan kegiatan rutin mereka yang dilakukan disetiap kecamatan beserta simpang simpang lampu merah.

"Ini untuk menertibkan anak anak jalan yang dapat mengganggu ketertiban umum yang merasakan, lihatlah kadang di lampu merah tu, ada yang ngedor-ngedor pintu mobil," ujarnya.

Selain yang nekat kabur tadi, pihak Dinsos setidaknya ada sekitar 14 orang pengemis diamankan yang nantinya untuk didata dan akan dilakukan pembinaan.(afm)












loading...