Pemerintah Desa Bernai Diduga Sekongkol dengan Panitia dalam Pemilihan BPD



Kamis, 16 Januari 2020 - 10:31:46 WIB



Ilustrasi
Ilustrasi

JAMBI- Pemerintah desa diduga mengintervensi jalannnya pemilihan BPD, masyarakat Desa Bernai Luar, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun.

Padahal dalam pesta demokrasi pemilihan anggota BPD Desa Bernai Luar yang dilaksanakan berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia, dimulai dari pengumuman pendaftaran sampai ke jadwal pemilihan, masyarakat Desa Bernai Luar sangat berpartisipasi dalam proses pemilihan anggota BPD, hingga pada akhirnya terpilih 7 orang anggota BPD dari masing-masing kadus.

Setelah beberapa bulan dari pelaksananya berita acara belum dinaikan ke kecamatan untuk diproses lebih lanjut.

"Saya terus berkomunikasi melalui media sosial (Whatsapp) dengan sekdes, panitia penyelenggaraan untuk menanyakan kenapa berita acara belum dinaikan, tapi sekdes dan Panitia mengatakan ini akan segerah kita naikan," kata salah satu anggota BPD yang terpilih.

Bahkan, Ia diminta oleh salah satu kadus Desa bernai, untuk datang ke rumah ketua panitia.

"Disana rupanya ada salah satu jajaran pemerintah desa bernai luar, mereka ngotot meminta dua orang dari anggota BPD diambil dari PKK dan Majlis taklim, dan saya ada bukti rekamannya, saya sudah jelaskan ini tidak sesuai dengan permendagri nomor Permen No. 110 tahun 2016 tentang BPD Dan peraturan bupati nomor 82 tahun 2018 tentang BPD," tambah salah satu anggota Bpd terpilih

Kemudian akhirnya pihak panitia penyelenggaraan dan pemerintah desa tetap membuat berita acara, yang isi dalam berita acara tersebut tercantum dua orang anggota BPD dari anggota PKK dan Majlis taklim "Ini sudah jelas, mereka mengangkangi permendagri dan peraturan bupati," lanjutnya.

Mereka mengatakan itu sudah hasil kesepakatan antara pemerintah desa bernai luar dan BPD (yang pro ke pemerintah desa).

Menurutnya, disini sudah terlihat, mereka menginterpensi pemilihan BPD dan mengangankangi peraturan berlaku.

Sampai saat ini pihaknya terus memantau tindaklanjut dari kejadian ini, dan berharap pemerintah desa dan panitia penyelenggaraan dapat memperbaikinya.

Jika tidak atas nama masyarakat desa Bernai siap mengusut sampau tuntas.

Menanggapi tudingan ini, Kades Bernai Zakaria Anshori ST mengatakan jika sudah menjadi kesepakatan antara panitia dan Pemdes.

Penulis: Abd. Jhohan










loading...