Pengembangan Inovasi Balitbanga Provinsi Jambi Segera Difokuskan, Penelitian Dikurangi



Selasa, 14 Januari 2020 - 15:38:08 WIB



Kepala Balitbanga Provinsi Jambi Azrin/Doc/Jamberita.com
Kepala Balitbanga Provinsi Jambi Azrin/Doc/Jamberita.com

JAMBERITA.COM - Program kerja kegiatan Pengembangan inovasi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi di tahun 2020 lebih difokuskan.

Kepala Balitbangda Provinsi Jambi Ir Azrin mengatakan, selama ini memang program kegiatan penelitian di hampir setiap daerah di Indonesia termasuk Jambi terlalu banyak. Jikka dibandingkan pengembangan.

"Presiden Jokowi yang mengintruksikan langsung, supaya kegiatan di daerah lebih banyak pengembangnya dan penelitiannya dikurangi," katanya saat dijumpai, di ruang kerjanya, Selasa (14/1/2020).

Untuk mendukung program pengembangan itu sendiri, maka Balitbangda harus merubah 2 struktur dan diisi 4 bidang. Dimana saat ini, menurut Azrin, tengah proses perubahan dan masih menunggu persetujuan.

"Bidang yang dikembangkan, itu Inovasi dan Teknologi (Ivtek) nantinya akan lebih banyak menginduk ke Menresdiktek, jadi banyak kegiatan-kegiatan inovasi yang bisa kita laksanakan di Jambi," ujarnya.

"Kalau penelitian akan menginduk ke Litbang Mendagri RI dan Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI)," tuturnya.

Selanjutnya, Bidang Pemerintahan dan Sosial Kependudukan yang selama ini berdiri masing masing, maka kedepan akan digabungkan menjadi satu, Bidang Ivtek dikembangkan menjadi dua.

"Ivtek, Bidang Ilmu pengetahuan dan kerjasama, kedua inovasi daerah yang diisi dua Kepala Sub bidang (Subid) yang baru, Subid Inovasi pelayanan publik, Subid Tata kelola Pemerintahah Daerah dan Kasubid Inovasi Produk Daerah," ungkapnya.

Untuk program kegiatan inovasi salah satunya telah Balitbangda lakukan di 2019 lalu, yaitu dengan menggadakan lomba inovasi Goverment World OPD dilingkup Pemprov Jambi.

"Bidang Pemerintahan Sosial dan Kependudukan bergabung, fokusnya lebih kepenilitian, itu sudah sudah berapa kali kita lakukan salah satu contohnya, soal wisata Rawa Bento di Kayu Aro Kabupaten Kerinci," pungkasnya.(afm)









loading...