2.573 Pendaftar untuk jadi Panwascam, 3 Kabupaten Peminatnya Paling Banyak



Minggu, 15 Desember 2019 - 18:56:59 WIB



Rofiqoh Febrianti
Rofiqoh Febrianti

JAMBERITA.COM– Jumlah pendaftar untuk dudu di Panitia Pengawas kecamatan (Panwascam) di Provinsi Jambi mencapai 2.573 orang. Dimana, tiga kabupaten yakni Merangin, Bungo dan kerinci termasuk yang paling banyak peminat.

Saat ini, proses seleksi Panwascam di kabupaten/kota sudah memasuki tahapan akhir. Mulai 13 Desember 2019 lalu, hingga kemarin (15/12), pelaksanaan tertulis telah dilaksanakan. Namun ada tiga kabupaten yang harus melaksanakan dengan waktu yang lebih panjang karena peminatnya lebih banyak. 

Rofikoh Febrianti, dari Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Provinsi Jambi mengatakan, ketiga kabupaten tersebut adalah Merangin, Tebo dan Kerinci. Dimana, jumlah pendaftarnya lebih dari 300 orang, bahkan mendekati angka 400. Sementara dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya rata-rata hanya berkisar antara 200 hingga 250 orang pendaftar.

“Selain kabupaten yang tiga itu, sudah selesai tes tertulisnya hari ini. Besok sudah siap semua,” ujarnya Minggu (15/12/2019).

Pelaksanaan ujian tertulis Panwascam ini, dilaksanakan secara online seperti Computer Assisted Test (CAT). Metode ini baru pertama kali dilaksanakan selama proses seleksi Panwascam sebelumnya-sebelumnya. Soal ujian, lanjutnya disediakan langsung oleh Bawaslu RI secara online.

“Jadi soalnya dari pusat, kemudian pemeriksanaan benas atau salahnya juga Bawaslu pusat. Jadi jawabannya langsung masuk secara online ke pusat. Test ini dilaksanakan secara serentak secara nasional bagi daerah-daerah yang akan menghadapi Pilkada,” katanya.

Ditanyakan mengenai tahapan seleksi ini, Rofikoh mengatakan dimulai dengan sosialisasi di kabupaten/kota, bahwa akan ada rekrutmen Panwascam. Kemudian baru diumumkan secara resmi. Selanjutnya tahapan pendaftaran di kecamatan masing-masing.

“Kemudian seleksi berkas, lalu dilanjutkan dengan pengumuman yang lulus untuk ikut test tertulis,” katanya.

Menurutnya, secara keseluruhan ada sebanyak 2.573 pendaftar di seluruh Provinsi Jambi. Namun yang dibutuhkan hanya tiga orang Panwascam saja untuk masing-masing kecamatan. Dia mengatakan, akhir bulan Desember ini, sudah didapat Panwascam, dan langsung dilantik.

“Jumlah pendaftar di masing-masing kecamatan bervariasi. Ada yang sepuluh orang per kecamatan, yang dibutuhkannya Cuma tiga orang. Target pelantikan akhir bulan ini, di kabupaten/kota masing-masing,” tandasnya. (sm)










loading...