Didatangi Warga Malam-malam, Aktivitas Cafe Fellas yang Berdekatan dengan Masjid Menuai Protes



Minggu, 15 Desember 2019 - 07:44:44 WIB



JAMBERITA.COM - Puluhan massa mendatangi Cafe end Resto Fellas yang berada dikawasan Thehok Kota Jambi sekitar pukul 23.30 WIB , Sabtu malam (14/12/2019).

Awalnya sekolompok massa yang mengatasnamakan salah satu Organisasi Masyarakat (Ormas) warga dan jemaah masjid tersebut mendatangi sekretariat Satpol-PP Kota Jambi di Kota Baru.

Salah satu perwakilan warga, A Rizal menyatakan kedatangan mereka dalam rangka monitoring aktifitas didalam Fellas yang berlokasi berdekatan dengan tempat ibadah yaitu masjid.

"Beberapa hari yang lalu restoan felas ingin melaksanakan acara anniversary dengan menggelar aksi DJ," ujarnya.

Untuk itu mereka dari Organisasi Masyarakat (Ormas) dan pengurus masjid yang menggandeng Satpol-PP, perizinan dan pihak kepolisian menyikapi sekaligus mengecek aktivitas yang ada di dalam cafe tersebut.

"Karena tempat ini sangat dekat dengan rumah ibadah yaitu masjid, tidak sampai 50 Meter," terangnya.

Menurut Rizal, kalau dalam Peraturan Daerah (Perda) tempat hiburan itu jaraknya seminimal 300-400 meter dari rumah ibadah. Jadi jika berdasarkan Perda lokasi Felas sangat tidak pantas.

"Kalau restoran pantas, tapi ini didalamnya masih ada minuman keras walaupun cuma golongan A tapi tetap miras, jadi kami kesini ngecek jangan sampai aksi DJ minuman keras berdampingan tempat ibadah sangat tidak etis," sebutnya.

Menurut Rizal, mereka sebelumnya sudah mengambil langkah-langkah persuasif secara birokasi serta melayangkan surat kepada Pol-PP, PTSP sampai dengan Walikota Jambi untuk ditinjau kembali izin Fellas Cafe.

"Kita minta tinjau kembali izin Fellas, kalau restoran oke tidak jadi masalah, tapi kalau ada praktek minuman keras kita nggak mengenal, yang namanya minuman keras tetap minuman keras," tegasnya.

Terkait keberadaan Fellas yang berdekatan dengan masjid sa'adah Sukarejo Thehok itu, Rizal mengatakan jika warga meminta itu ditutup. Karena itu, mereka mendesak instansi terkait meninjau perizinan.

"Surat penolakan dari masjid sudah ada, karena iya meresahkan, bukan cuma Fellas , kolega juga," ungkapnya.

Kabag OPS Polresta Jambi Kompol Farouk AF mengucapkan terimakasih kepada ormas dan warga tetap menjaga situasi, kondisi  kondusif. Dimana, mereka sebelum melakukan kegiatan berkoordinasi lebih dulu ke pihak kepolisian.

"Kalau kita positif, jadi kami ucapakan terimakasih kepada rekan-rekan tetap menjaga situasi yang kondusif, pada prinsipnya kita mendukung tapi tetap dengan menjaga rasa satu kesatuan," jelasnya.

Kabid Penegakan Perda Satpol-PP Kota Jambi Said Faizal mengatakan akan menindaklanjuti aksi puluhan massa tersebut termasuk laporanapakah sudah sesuai dengan perizinan yang ada atau tidak.

"Terkait aktifitas malam ini kami akan melakukan pengawasan terhadap kegiatan Cafe dan Resto Fellas, apakah sesuai dengan Perda yang berlaku dan izin yang dimiliki," pungkasnya.(afm)










loading...