Pejabat Eselon II yang Nonjob Protes ke KASN, Sekda Dianto Sebut Dirinya Tidak Terlibat



Senin, 09 Desember 2019 - 18:01:09 WIB



JAMBERITA.COM - Sekda Provinsi Jambi Muhammad Dianto secara resmi melantik sekaligus mengukuhkan pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi Senin (9/12/2019).

Dianto menjelaskan, mereka yang dilantik hari ini merupakan pelantikan susulan pada tanggal (25/11/2019) waktu lalu di Rumah Dinas Gubernur Jambi kawasan Ancol Sungai Batanghari.

"Ibu Emi Nopisah (Sekwan) saat itu ke Sumbar, sedangkan Edi Kusmiran (Eks Kasat Pol PP) sedang pelatihan di Qatar, oleh karena itu pelantikan 2 pejabat ini tertunda sampai hari ini," ujarnya.

Terkait dengan perombakan pejabat eselon II sekaligus yang dinonjobkan dan turun jabatan itu menurut Dianto, kalau melihat dari arsip di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang ditandatangani oleh Gubernur tentunya berdasarkan surat persetujuan KASN.

"Tapi apakah itu sudah sesuai dengan prosedurnya, mungkin berpedoman dengan surat KASN itu," ungkapnya.

Beberapa pejabat yang dinonjobkan waktu lalu (25/11/2019) sekarang tengah mengajukan gugatan kepada KASN, bahkan Dianto mengakui memang dirinya tidak pernah terlibat dalam penonjoban dan demosi tersebut.

"Beberapa teman yang belum menerima saat ini sedang melakukan gugatan ke KASN," terangnya.

Pelantikan terhadap Eks Kasat Pol PP Provinsi Jambi Edi Kusmiran menjadi Kabag di Biropem dan pengukuhan Sekwan Emi Nopisah itu, dirinya hanya melaksanakan tugas/mewakili daripada Gubernur Jambi Fachrori Umar.

"Jadi yang melantik ini pak Gubernur, bukan Sekda yang melantik, kalau ada nonjob dan demosi ini saya tidak dilibatkan dan tidak terlibat, mungkin karena saya mau pindah tidak masuk lagi grupnya sini," sebutnya.

Apabila dirinya diminta oleh KASN untuk dimintai keterangan terkait penonjoban dan turun jabatan beberapa eselon II dilingkungan Pemprov Jambi itu Dianto bersedia untuk datang."Oh iya lah," jelasnya.

Untuk diketahui beberapa pejabat yang dinonjobkan waktu lalu yaitu Karo Kesramas Setda Provinsi Jambi Amsyarnedi, Kepala BKD Provinsi Jambi Husairi dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Agus Heriyanto.

Sedangkan yang turun jabatan, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Ariansyah, Kadisbudpar Provinsi Jambi Ujang Hariyadi, dan Kasat Pol PP Provinsi Jambi Edi Kusmiran.

Ariansyah menjadi Kabid Inovasi dan Teknologi di Balitbangda, Ujang Hariyadi menjadi Kabid di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, sementara Edi Kusmiran menjadi Kabag Administrasi di Karo Pem Setda Provinsi Jambi.(afm)







loading...