Lomba Perahu Tradisional di Danau Sipin Resmi Dibuka



Minggu, 08 Desember 2019 - 10:10:34 WIB



Fachrori Umar
Fachrori Umar

JAMBERITA.COM- Gubernur Jambi Fachrori Umar secara resmi membuka lomba perahu tradisional dan perahu naga di perairan Danau Sipin Kota Jambi, Minggu (8/12/2019).

Kegiatan mencari bibit bibit atlet ini, juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT Provinsi Jambi ke 63, tahun 2020 mendatang.

"Selain penyelenggaraan lomba perahu tradisional dan perahu naga ini saya harapkan menjadi bagian dari upaya promosi pariwisata Jambi sebagai pariwisata," paparnya.

Fachrori mengklaim apalagi di Danau Sipin ini cukup luas, lebar dan panjang yang menjadi potensi Jambi sehingga menjadi salah satu titik destinasi yang dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Provinsi Jambi.

"Candi Muaro Jambi, geopark Merangin, dan indahnya gunung Kerinci, inilah yang membuat kita Jambi ini indah banyak tamu tamu dari luar yang ingin melihat," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Fachrori sekalian setiap pelaksanaan lomba perahu ini senantiasa juga mengingatkan bagi Pemprov Jambi akan arti pentingnya keberadaan Danau Sipin yang memiliki panjang sekitar 4500 meter kurang lebih dan lebar rata-rata sekitar 300 meter dengan kedalaman Danau 2 sampai 6 meter.

"Serta memiliki lokasi yang strategis ditengah Kota Jambi, prasarana pendukung yang memadai dan potensi ketersediaan lahan untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata alam dan buatan dan memiliki keunikan melayu Jambi dengan panorama alam yang indah alami dan kondisi air cukup tenang," tuturnya.

Kemudian menunut Fachrori ada beberapa sisi Danau Sipin juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keramba ikan, sisi lainnya merupakan lokasi latihan para atlet Cabor Dayung yang ini telah mengharumkan kota Jambi ke dunia internasional.

"Kita juga harus merawatnya, maka kita juga yang akan merasakan akibatnya, untuk itu pemerintah Provinsi Jambi melalui APBD, APBN dan berbagai sumber pendanaan lainnya dan dukungan semua pihak baik pemerintah swasta dan masyarakat akan terus berupaya untuk terus menjaga dari hulu ke hilir beserta pemanfaatan dan pelestarian Danau Sipin ini," pungkasnya.(afm)









loading...