Sampaikan Pembelaan, Pengacara Sebut Asiang Beri Pinjaman Karena Kasihan Dengan Arfan



Selasa, 03 Desember 2019 - 15:26:28 WIB



JAMBERITA.COM - Sidang pembacaan nota pembelaan dari penasihat hukum untuk terdakwa Joe Fandy Yusman alias Asiang digelar di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Selasa (2/12/2019).

Dalam pernyataan pembelaan yang disampaikan, penasihat hukum terdakwa mengatakan selama persidangan, terdakwa sudah berkomitmen koperatif dan mengakui kesalahannya serta bersedia dihukum. "Untuk itu, kami harap bisa dihukum seringan-ringannya," katanya.

Ia menyebutkan, terdakwa tidak bisa disebut sebagai bagian dari yang melakukan tindakan secara bersama-sama. Karena dalam putusan tetap kepada Arfan, Saifuddin, Erwan Malik, dan Zumi Zola tidak ada yang menyebutkan terdakwa secara bersama-sama. "Kami sangat berharap majelis hakim yang mulia bisa bertindak secara objektif untuk hal ini," ucapnya.

Selain itu, dalam persidangan, keterangan Asrul sebagai saksi berbeda dari sidang sebelumnya, ini membuat keterangan tersebut tidak bisa dipercaya. Ditambah lagi, terdakwa pada posisi didatangi dan diminta bantuan. Itupun terdakwa tidak langsung menyetujui, karena bantuan itu diberikan karena terdakwa iba kepada Arfan yang merupakan temannya.

"Kami melihat ini adalah tindak pidana pemerasan yang terjadi, bukan tindak pidana korupsi," ucapnya. (am)










loading...