Kasrem 042/Gapu: Pendidikan Karakter Merupakan Bagian Penting Dalam Pembangunan Jati Diri Bangsa



Selasa, 03 Desember 2019 - 07:42:38 WIB



JAMBERITA.COM– Pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam pembangunan jati diri bangsa, demikian disampaikan Kepala Staf Korem 042/Gapu Letkol Arh Hary Sassono Utomo,S.H mewakili Danrem 042/Gapu saat menutup program kerjasama dan MoU antara Pemerintah Pemprov Jambi dengan Korem 042/Gapu, Minggu (1/12/2019) di lapangan SMA Titian Teras Haji Abdurrahman Sayuti.

Lebih lanjut Letkol Arh Hary Sassono Utomo mengatakan bahwa Pendidikan karakter ini difokuskan pada Pendidikan Bela Negara dan Kepemimpinan sehingga sangat penting diajarkan sebagai pintu masuk untuk melakukan pembenahan secara menyeluruh terhadap pendidikan, proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spritual dan kepribadian peserta didik.

“Diharapkan kegiatan ini dapat membekali generasi muda sebagai penerus bangsa agar memiliki jiwa kebangsaan dan cinta tanah air serta berwawasan Nusantara”, ucap Hary.

Atas dasar tersebut Korem 042/Gapu bersama pemerintah Provinsi Jambi menjalin kerjasama dalam rangka peningkatan pendidikan dan kualitas sumber daya manusia, dimana sebanyak 1484 peserta didik dari SMA Titian Teras Haji Abdurrahman Sayuti, SMA Negeri Titian teras Bungo dan SMA Negeri 5 Kota Jambi ikut ambil bagian.

Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum saat menutup kegiatan tersebut sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas peran Korem 042/Gapu dan jajarannya yang telah membina anak didik selama 4 bulan lebih. “Yakni masa pengenalan lingkungan sekolah, pemberian kurikulum pendidikan karakter, kurikulum bela negara dan kepemimpinan, ujar Fachrori Umar.

Sejalan dengan Menteri Pendidikan RI, Pemprov Jambi berkomitmen untuk melaksanakan amanat tersebut dengan berbagai terobosan baru dengan tujuan untuk menciptakan iklim kegiatan belajar mengajar yang sehat dan produktif, penguatan kepercayaan diri peserta didik, memperbanyak kegiatan bakti sosial dan mewujudkan kelas sebagai laboratorium pembelajaran, diskusi keilmuan dan pengembangan jati diri siswa serta penguatan kualitas pembelajaran guru, kata Fachrori Umar.

Sebelum dilaksanakan penutupan dilakukan kegiatan Outbond dan Team Building Games yang dipandu langsung oleh Tim Korem 042/Gapu di pimpin Mayor Inf M.Hatta dari Staf Ter Korem.

Nampak hadir dalam acara penutupan tersebut Ketua Komite sekaligus anggota DPRD Provinsi Jambi H. Ivan Wirata, Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ashraf, Kasiter Korem mayor Inf Sunardi, PLT Kadisdik Provinsi Jambi H. Farial Adiputra, Sekdis Disdik Provinsi Jambi Amar Salahuddin serta pejabat lainnya.(*/sm)












loading...