Dorong Ekonomi Batanghari, Yunnita Ingin Masyarakat Punya Pilihan Usaha



Selasa, 03 Desember 2019 - 06:24:53 WIB



JAMBERITA.COM- Ketua TP PKK Batanghari Hj. Yunninta Asmara, SH mendorong masyarakat punya banyak pilihan usaha dalam membangun ekonomi keluarga.

Strategi ekstensifikasi penting untuk dilakukan agar ketergantungan masyarakat pada komoditas karet dan sawit bisa berkurang, apalagi menurutnya harga dua komoditas tersebut tidak stabil yang berakibat ekonomi masyarakat menjadi labil.

"Saya ingin masyarakat Batanghari memiliki banyak pilihan usaha yang bisa dilakukan untuk membangun ekonomi keluarga mereka, ungkapnya. "

Hal ini disampaikannya saat melakukan panen cabe bersama Kelompok tani di kecamatan Muara Bulian (29/11/2019) kemarin.

"Saya berharap kepada masyarakat agar jangan hanya fokus pada satu komoditi saja tetapi harus punya inovasi dalam berusaha sesuai potensi yang ada di desa masing-masing,” jelasnya.

Salah satu alternatif sumber usaha yang menghasilkan bagi petani dengan menyulap lahan yang ada untuk dimanfaatkan sebagai kebun cabe. Hal ini tentu berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat yang ada karena selain pemilik kebun, warga sekitar juga dilibatkan dalam pengelolaan tanaman ini.?

"Kalau sawitkan kadang harga tidak menentu, karet juga harga lagi anjlok, padi juga kadang bermasalah dilahan, jadi diharapkan masyarakat harus banyak pilihan dalam berusaha, dan cabe merupakan alternatif usaha yang cukup menjanjikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.? "

"Kedepan kita akan terus melihat perkembangan usaha cabe ini, untuk bantuan sendiri kita akan mengupayakan mesin pompa air agar ketika musim kemarau karena kita mau cabe bisa menjadi komoditi unggulan masyarakat Batanghari dibidang pertanian," jelasnya.?

Selain itu, Yunninta juga akan mendorong terbentuknya petani cabe di binaan pemerintah punya wadah dalam pengembangan usaha. ?

Dalam hal ini Yunninta menekankan dalam penanaman cabe yang terpenting adalah kedisiplinan, mulai dari pengolahan lahan hingga pemeliharaan sebelum panen maupun ketika sudah bisa dilakukan pemanenan.?

"Cara kita yang penting pupuk dasar harus kita fermentasi, setelah tanam obat-obatan insektisida dan fungsitida juga harus rutin minimal seminggu sekali, jika ini dijaga Insya Allah hasil panennya bisa maksimal, dan masyarakat bisa punya sumber ekonomi baru, tidak tergantung dari karet dan sawit,” tandasnya.(*/sm)












loading...