Pendaftaran Anggota Panwascam Di Bawaslu Tanjabtim Dipastikan Murni dan Tanpa Biaya



Senin, 02 Desember 2019 - 19:22:17 WIB



Yunanto
Yunanto

JAMBERITA.COM, MUARA SABAK - Jelang penutupan pendaftaran calon anggota Panwascam di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Selasa (03/12/2019) besok, sebanyak 80 peserta sudah melakukan pendaftaran di kantor Bawaslu Tanjabtim sampai sore ini, Senin (02/12/2019).

Pendaftaran anggota Panwascam ini telah dibuka oleh pihak Bawaslu Tanjabtim sejak tanggal 27 November 2019 yang lalu. Hal ini sebagai langkah awal guna menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tanjabtim tanggal 23 September 2020 mendatang.

Koordinator divisi SDM, Organisasi dan ketua Pokja Bawaslu Tanjabtim, Yunanto, saat di wawancarai Jamberita.com mengatakan, untuk satu Kecamatan minimal peserta yang ikut pendaftaran berjumlah 6 orang.

"Bawaslu Tanjabtim menjaring minimal 6 orang peserta dalam rekrutmen Panwascam tersebut, jika tidak memenuhi kuota yang sudah ditetapkan, maka Bawaslu akan melakukan perpanjangan pendaftaran," ujar Yunanto.

Saat ditanya terkait syarat usia dan pendidikan untuk peserta yang akan ikut dalam penjaringan anggota Panwascam di Tanjabtim ini, Yunanto mengatakan, untuk usia minimal yang peserta yaitu 25 tahun dan pendidikan peserta minimal tingkat SLTA.

Dalam penerimaan ini, nantinya akan dilakukan beberapa seleksi dan pastinya akan ada beberapa peserta yang dinyatakan tidak lulus atau gugur dalam seleksi ini. Salah satu seleksi awal yang dilakukan yaitu melihat kelengkapan berkas peserta.

"Calon - calon anggota Panwascam yang telah mendaftar ini nanti akan kita seleksi. Seleksi pertama yaitu melihat kelengkapan berkas pendaftaran, selanjutnya akan dilakukan seleksi berbasis online yang terhubung langsung ke aplikasi penerimaan yang ada di pihak Bawaslu pusat," terang Yunanto.

Dalam pendaftaran ini, Yunanto menegaskan tidak ada permainan di dalamnya. Penerimaan ini dipastikan berlangsung secara murni, tanpa biaya dan dipastikan tidak ada satupun peserta yang terdaftar di salah satu partai politik.

"Kami pastikan penerimaan calon anggota Panwascam ini murni. Apabila masyarakat mendapati salah satu anggota Panwascam terdaftar di salah satu partai, segera laporkan ke pihak Bawaslu Tanjabtim, nantinya hal tersebut akan kita tindak sesuai peraturan yang berlaku," ujar tegas Yunanto.

Pengumuman dari seluruh rangkaian seleksi penerimaan anggota Panwascam di Kabupaten Tanjabtim ini sendiri akan diumumkan pada tanggal 18 Desember 2019 mendatang.

"Kami, pihak Bawaslu Tanjabtim menghimbau kepada seluruh putra putri terbaik yang ada di tanjabtim, apabila telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan, gunakan kesempatan dan waktu yang singkat ini untuk dapat mendaftar diri menjadi anggota Panwascam," pungkas Yunanto. (ipn)










loading...