Peserta Festival Media 2019 Tembus 2000 Orang, AJI Indonesia: Ini Jadi Acuan



Senin, 18 November 2019 - 18:04:42 WIB



 

JAMBERITA.COM- Festival Media 2019 yang diadakan di Jambi, 16-17 November 2019 disambut sangat antusias oleh masyarakat Jambi. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah peserta yang ikut di talkshow, seminar, dan 11 workshop pararel yang diadakan selama dua hari pelaksanaan.

Festival Media ke-8 yang dilaksanakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) ini diadakan di Balai Diklat (BPSDM) Provinsi Jambi, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi. Peserta yang hadir di acara talkshow, seminar, workshop membludak, hingga akhirnya tak sedikit yang harus berdiri di dalam ruangan karena kursi sudah terisi penuh.

Tak sedikit juga yang tidak bisa lagi masuk ke dalam ruangan saking banyaknya peserta yang didominasi kalangan muda dan jurnalis Jambi dan anggota AJI. Dalam catatan panitia, jumlah peserta yang ikut workshop, talkshow, dan seminar tembus  2.000 orang.

"Antusiasme warga Jambi menghadiri di festival media ini, terutama tingginya minat untuk mengikuti talkshow dan seminar serta workshop selama dua hari ini jauh di luar perkiraan kami," kata Suang Sitanggang, Ketua Festival Media 2019-Jambi.

Pembicara untuk workshop, talkshow, dan seminar dalam Fesmed 2019 ini sangat beragam. Ada dari kalangan jurnalis, GoJek, Mafindo, Anita Wahid, sejarawan, Kepala BPCB, dan yang lainnya.

Selain itu terpantau pengunjung di stand pemeran juga sangat ramai. Selain stand AJI, pada Festival Media 2019 ini juga ada stand dari KKI Warsi, Walhi Jambi, Pundi Sumatera, Hutan Harapan (PT REKI), PT Alam Bukit Tigapuluh, WWF Indonesia, Universitas Terbuka, BPCB, Padmasana, Jambi Tulo, Voice of Amerika (VoA).

Ada juga media partner yang buka stand yakni Tribun Jambi, Metro Jambi, dan Jambi Ekspres. Tepat di samping pintu masuk aula utama, ada booth coffee corner yang didirkan oleh PD Subur Baru atau Kopi Paman. Di depan dan samping dinding aula utama, komunitas fotografer Jambi dan juga komunitas perupa berkreasi dengan memajang karya-karya mereka. Semua stand dan pameran ini menjadi serbuan para pengunjung Festival Media 2019.

Ketua AJI Kota Jambi, M Ramond EPU, pada saat penutupan acara Fesmed, Minggu (17/11), menyebut kegiatan ini bisa meriah, tak terlepas dari dukungan banyak pihak, yang sejak beberapa bulan lalu aktif mempromosikan Fesmed 2019.

"Banyak pihak yang telah membantu berjalan dan suksesnya Fesmed 2019 ini. Pengurus AJI Indonesia sangat aktif memberikan arahan, dan teman-teman relawan dari mahasiswa sangat berperan besar melaksanakan teknis di lapangan," tuturnya. Dia menambahkan, ada juga komunitas dari Muarojambi yang telah menerjemahkan ide besar dalam konsep acara.

Sementara itu Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan, dalam kesempatan yang sama menyebut Festival Media 2019 telah berjalan sesuai rencana dan sukses dalam semua kegiatannya. Ia mengapresiasi pelaksanaan mulai dari awal hingga penutupan.

Secara tersirat, Abdul Manan menyebut bahwa pelaksanaan Festival Media di Jambi sebagai acuan untuk pelaksanaan kegiatan yang sama di masa yang akan datang. "Mudah-mudahan di Festival Media selanjutnya setidaknya akan sama suksesnya dengan yang di Jambi ini," kata Abdul Manan.

Untuk Festival Media 2020, ada dua AJI Kota yang mencalonkan tuan rumah, telah telah presentasi di hadapan Pengurus AJI Indonesia. Dua calon tuan rumah itu adalah AJI Palembang dan AJI Medan. Penentapan akan ditentukan dalam waktu dekat. (*/sm)












loading...








TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

Jumat, 06/12/2019 16:34:40