Minta Masyarakat Waspadai Pinjaman Online Ilegal, OJK: Ada Penagihan Kasar, Laporkan



Senin, 18 November 2019 - 16:03:21 WIB



JAMBERITA.COM - Maraknya pinjaman uang melalui pesan singkat aplikasi online menimbulkan rasa kekhawatiran pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi.

Untuk itu Kepala OJK Provinsi Jambi Endang Nuryadin Jum'at (15/11/2019) kemarin menghimbau, kepada seluruh masyarakat agar lebih teliti dan waspada.

"Cek dulu apa dia sudah mendapatkan izin dari OJK, karena OJK membuat aturan kepada pinjaman online itu, ada aturannya semua, bagaimana ketika melakukan penagihan itu jangan kasar," ujarnya.

Kebanyakan sekarang ini, menurut Endang Nuryadin, maraknya aplikasi pinjaman online yang ilegal dengan melakukan colection dengan kasar.

Endang meminta jika mendapatkan perlakuan seperti itu, agar segera menghubungi pihak OJK.

"Silahkan hubungi pihak call center kami di 157 kalau dia ingin melakukan pinjaman," terangnya.

Satu sisi memang, kemajuan informasi teknologi ini sebut Endang, sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama kepada pengusaha pengusaha yang usahanya fleksibel.

"Jadi kita harapkan kepada masyarakat kalau mau minjam melalui pinjaman online cek dulu, ada izin OJK atau tidak atau silahkan hubungi kami," ungkapnya.

Sebagaimana tugas dan fungsi (Tupoksi) mereka OJK siap melindungi konsumen dan masyarakat apabila terbukti dari laporan masyarakat maka akan diserahkan kepada pihak penegak hukum.

"Betul, kita kan ada satgas wasapda investasi, saya sebagai koordinator, anggotanya ada dari Polda, Jaksa, Dinas terkait dan kementrian agama," bebernya.

Sejauh ini tahun 2019 mereka belum mendapatkan laporan dari masyarakat terkait praktek investasi bodong, akan tetapi pihaknya tetap melakukan penelusuran melalui internet.

"Ada beberapa (dipanggil) tetapi saya lupa, dia mengimput dana tapi tidak sesuai dan akhirnya kita hentikan supaya jangan sampai ada korban, dan kebetulan memang belum ada korban, nah itu upaya preventif yang kami lakukan," jelasnya.(afm)










loading...








TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

Jumat, 06/12/2019 16:34:40