Apif Urus Uang Ketok RAPBD 2017 Sampai dengan Urusan Pribadi Zola, Asrul di 2018



Selasa, 12 November 2019 - 16:59:08 WIB



JAMBERITA.COM - Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menjadi saksi dalam sidang lanjutan terdakwa Asiang terkait kasus suap RAPBD 2018 di Tipikor PN Jambi, Selasa (12/11/2019).

Dalam sidang tersebut, JPU mempertanyakan soal hubungan antara Zumi Zola, Apif Firmansyah dan Asrul sebagai orang kepercayaan Gubernur Jambi sebelum terjadi OTT KPK.

"Apakah saksi mempercayai Apif untuk uang ketok palu RAPBD 2017, kemudian mempercayakan Asrul untuk RAPBD 2018," tanya JPU.

"Ada saya memerintahkan Apif," jawab Zola sembari menganggukan kepala di hadapan majelis hakim.

Selanjutnya terkait dengan kedekatan Apif Firmansyah kepada Zola berakhir pada bulan Mei, itu karena menyebar luasnya informasi bahwa Apif orang kepercayaan yang mengatur semua proyek sehingga Zola dipanggil oleh Alm Ayahanda Zulkifli Nurdin.

Zola pun kembali mengiyakan dengan menganggukan kepala nya.

Kemudian kepada Saksi Asrul, JPU mempertanyakan sudah berapa kali melakukan pertemuan dengan terdakwa Asiang.

"Bertemu asiang tiga kali, di Darmawangsa 2 kali dan 1 kali di pesawat," ujar Asrul.

Awal mengenal Asiang, Asrul mengaku diperkenalkan oleh Amidi bahwa Asiang itu sosok pengusaha yang royal terhadap rekanannya.

"Waktu itu saya dikenalkan oleh pak amidi , kedua itu sama pak Amidi juga terkait pembelian Alvard terhadap beliau (Zola)," ungkapnya.

Mereka baru membahas soal fee proyek di tahun 2016-2017 dan disampaikan kepada Apif." Di darmawangsa belum membahas uang ketok palu 2018 dan pak Asiang mau ke cina belum mau memberikan pinjaman," terangnya.

Lebih lanjut giliran mantan Plt Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik dicecar JPU bahwa saksi ditelf Amidi terkait pinjaman ke pak Asiang.?"Pak, pak Asrul setuju," kata Erwan menirukan percakapan Amidi kepada dirinya.

Setelah mengetahui bahwa sudah disetujui oleh Asrul, Erwan Malik pun langsung mengirimkan pesan kepada Mantan Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi Arpan melalui pesan WhatsApp nya.

"Kemudian malamnya mengirim pesan kepada Arpan, itu dibalasnya pagi," tambahnya. "Itu menunjukkan bahwa pak Asrul setuju agar Arpan meminjam uang kepada Asiang," jelasnya.

"Kami saat itu, berfikir bagaimana hari Senin itu mendapatkan uang," papar Erwan.(afm)










loading...