Produksi Minyak, Pertamina EP Pastikan Ramah Lingkungan



Sabtu, 09 November 2019 - 21:02:01 WIB



JAMBERITA.COM-  PT Pertamina EP Asset I komitmen dalam proses produksi tetap mengutamakan faktor lingkungan. termasuk  menjaga lingkungan produksi tetap hijau. Salah satunya terlihat di Stasiun Pengumpul (SP) Pertamina EP di Desa Talang Belido, Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi.

Dalam Media Field Trip SKK-Migas-KKKS bersama Forum Jurnalis Migas (FJM) Jambi, Selasa, rombongan jurnalis Jambi banyak mendapat penjelasan tentang komitmen Pertamina menjaga lingkungan sekitar dan tidak menciptakan limbah.

Dalam Field trip itu, jurnalis berkesempatan langsung mengunjungi objek vital kegiatan hulu migas mulai dari pengeboran minyak, pemisahan dan hingga dikirim melalui pipa langsung ke stasiun pengumpul Kenali Asam.

Manager Senior Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Andi Arie Pangeran di kesempatan itu mengatakan tujuan Media Field Trip adalah agar para jurnalis mengetahui langsung siklus produksi minyak yang dilakukan KKKS.

"Jadi teman-teman jurnalis banyak tau tentang siklus produksi minyak mulai dari pengeboran, mengalir dari awal sampai pemisahan, disimpan dan dikirim ke stasiun pengumpulan lagi di Kenali Asam selanjutnya ke Tempino," kata Andi.

Selain itu, jurnalis Jambi juga bisa mengetahui bagaimana KKKS terutama Pertamina EP Asset I tetap menjaga lingkungan di sekeliling areal operasi agar tetap hijau.

"KKKS tetap menjaga lingkungannya, karena itu isu dunia. Kalau lingkungannya terdampak tentu akan berpengaruh terhadap perusahaan itu sendiri," ujarnya.

Field Manager Pertamina EP Jambi, Gondo Irawan di hadapan jurnalis peserta Media Field Trip juga banyak memaparkan tentang stasiun pengumpul Pertamina EP itu.

Dia mengatakan di Sungaigelam terdapat 28 sumur minyak. Dan saat ini 12 sumur yang produksi sementara lainnya dalam kondisi pemeliharaan.

Gondo mengatakan, produksi minyak Pertamina EP Asset I Sungaigelam sebanyak 300 sampai 400-an barel per hari. Dan dari 28 sumur itu ada dua sumur penghasil terbanyak dan satu merupakan sumur tua.

Sementara dalam pantauan langsung di tempat pengolahan minyak yang dihasilkan dari sumur, memang juga tidak terlihat limbah yang mengalir. Itu disebabkan semua yang dihasilkan dari pengeboran tetap termanfaatkan.

Seperti gas yang dimanfaatkan salah satunya untuk gas rumah tangga, karena pembakaran gas tidak dianjurkan lagi. Kemudian air yang dihasilkan dari proses pemisahan dikembalikan lagi untuk proses injeksi selanjutnya.

Setelah proses pemisahan selesai, minyak dialirkan ke stasiun pengumpul Kenali Asam melalui pipa dengan menggunakan mesin pompa. Ada empat mesin pompa yang tersedia namun diaktifkan dua pompa kita proses transfer, sedangkan dua pompa stanby jika dua pompa pertama perlu diistirahatkan.

Dalam Media Field Trip itu hadir juga perwakilan KKKS lainnya yakni dari PetroChina Internatinal Ltd, MontD'Or Oil Tungkal Ltd dan Mandala Energy.(*/sm)










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi