Peluang Lulusan SMA Tes CPNS di Tanjabbar Pupus, Encep Sebut Ikut di Kementerian



Jumat, 08 November 2019 - 14:21:44 WIB



JAMBERITA.COM - Usai memastikan membuka kran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, sebanyak 173 formasi.

Peminat lowongan CPNS lulusan SMA harus gigit jari. Pasalnya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanjab Barat menyebutkan, kendati sudah berupaya mengusulkan formasi bagi lulusan SMA, namun tidak kebagian jatah formasi. Minimal, kata Kepala BKPSDM Tanjabbar Encep Jarkasih, yang diakomodir lulusan D3.

"Sebelumnya sudah kita usulkan sebanyak 19 formasi untuk lulusan SMA, tapi ternyata tidak dapat kita. Ada yang diakomodir lulusan SMA di Kabupaten lain, Sarolangun seingat saya," papar Kepala BKPSDM Tanjabbar, Encrp Jarkasih kepada Jamberita.com, Jumat (8/11/19).

Kendati demikian, kata Encep, tidak perlu kecewa, karena bagi lulusan SMA yang berminat jadi PNS peluang masih terbuka di beberapa Kementerian yang juga saat ini banyak membuka lowongan penerimaan pegawai.

"Di Sarolangun dan di kementerian kan masih ada peluang dan kesempatan kalau mau ikut test CPNS bagi lulusan SMA," imbuhnya.

Berbeda dengan Disabilitas, Kepala BKPSDM Tanjab Barat Encep Jarkasih menyebutkan, ada ketersediaan formasi khusus bagi penyandang disabilitas.p

Hal ini sesuai peraturan KemenPAN-RB yang baru terbit beberapa minggu yang lalu, dimana dalam 173 formasi itu diharuskan ada dua persen jatah formasi untuk disabilitas.

"Kemungkinan ada 3 formasi yang khusus, kita peruntukkan bagi Disabilitas. Tigaformasi tersebut, akan ditetapkan oleh pejabat pembina kepegawaian yakni pak Bupati. Formasi mana saja yang dikhususkan untuk Disabilitas, diputuskan melalui surat ketetapan oleh pak Bupati," ujar Encep.

Untuk tahapan pelaksanaan ujian test CPNS, Encep mengatakan, kemungkinan besar akan dilaksanakan pada Januari 2020 tahun depan, sementara proses pendaftaran dan verifikasi administrasi diperkirakan akan dimulai pada pertengahan November hingga Desember 2019.

"Kita tunggu saja pengumumannya apa saja syarat dan waktu pelaksanaan," pungkasnya. (Henky)




Tagar:

# TANJABBARAT





loading...






JA Bacok Pantat Tukang Urut Sampai Robek

JA Bacok Pantat Tukang Urut Sampai Robek

Jumat, 05/06/2020 17:00:33