Survei LKPR: Jika Pemilihan Hari Ini Yunninta Diprediks Terpilih Jadi Bupati



Jumat, 08 November 2019 - 08:26:13 WIB



JAMBERITA.COM- Jika pemilihan dilakukan hari ini, Yunninta dinilai akan terpilih sebagai Bupati Batanghari. Pernyataan disampaikan Aulia Fadli Managing Riset Lembaga Kajian Politik Regional (LKPR) dalam diskusi Peta Teritorial Pilkada Jambi (7/11/2019) kemarin.

"Survei kami menyatakan jika Pemilihan hari ini kemungkinan besar Yunninta Asmara akan terpilih jadi Bupati Batanghari, ungkapnya ketika menanggapi pertanyaan salah seorang peserta diskusi di salah satu hotel kawasan pasar Jambi tersebut. "

Keyakinan ini berdasarkan data yang mereka miliki tentang pilkada Batanghari, dimana ada tiga alasan mengapa Yunninta diyakini akan memenangkan pilkada 2020 nanti.

"Ada tiga parameter yang kita gunakan untuk mengukur peluang setiap calon yang ada dalam memenangkan kontestasi politik 2020 nanti, yaitu pertama sebaran dari populeritas dan Elektabilitas calon, kedua, Interaksi calon dan Ketiga dukungan sumberdaya finansial dan non finansial calon,” katanya.

Dari ke tiga parameter tersebut Fadli mengatakan istri Bupati Batanghari itu bisa memperlihatkan kekuatannya secara baik. Seperti untuk pemerataan populeritas, YA sangat dibutuhkan kenal semua lapisan masyarakat hingga ke desa - desa, begitu juga untuk Elektabilitas, keterpilihannya menyebar di semua desa secara variatif, jelasnya.

Selain itu untuk parameter kedua, untuk tingkat interaksi, Yunninta dinilai kandidat yang paling sering berinteraksi turun ke lapangan menyapa warga masyarakat.

"Hampir semua responden yang kita tanya, telah melihat Yunninta dengan berbagai interaksi sosialisasi yang dilakukan, warga merasa pernah melihat, mendengar dan merasakan bagaimana interaksi yang YA lakukan bersama warga,” katanya.

Di samping itu untuk masalah kekuatan finansial dan non finansial meski sulit diukur, tapi secara jelas kita meyakini beliau memiliki dukungan politik terkuat saat ini di Batanghari, baik secara partai maupun dukungan sumberdaya lainnya.

Sehingga dari berbagai parameter tersebut Fadli mengatakan sejalan dengan survei yang mereka lakukan Agustus 2019 lalu, bahkan jika Pemilihan hari i ini LKPR berani mengatakan Yunninta Asmara akan terpilih sebagai Bupati Batanghari. 

Terkait dengan penilaian sebagian kalangan hasil survei yang mereka lakukan sebagai partisan bagian dari pencitraan Yunninta Asmara, Fadli dengan tegas mengatakan survei yang mereka lakukan murni berdasarkan data yang ada dilapangan, tidak ada pesanan dari siapapun, kita sangat objektif dan independen dalam survei.

Bahkan Fadli mengatakan LKPR bukan sekali ini saja melakukan survei pilkada Batanghari, sejak 2010 zaman Fattah Sinwan kami telah melaksanakan survei, lalu pada 2015 saat Syahirsah Sofia juga telah melakukan survei. 

"Kami telah dari 2010 dan 2015 survei di Batanghari, kami bekerja independen tidak partisan, jika kami katakan Yunninta kuat, ya fakta dilapangan memang beliau kuat, tidak ada tujuan atau framing apa – apa,” pungkasnya.(*/adv)









loading...






JA Bacok Pantat Tukang Urut Sampai Robek

JA Bacok Pantat Tukang Urut Sampai Robek

Jumat, 05/06/2020 17:00:33