Survei LKPR: Jika Pemilihan Hari Ini Yunninta Diprediks Terpilih Jadi Bupati



Jumat, 08 November 2019 - 08:26:13 WIB



JAMBERITA.COM- Jika pemilihan dilakukan hari ini, Yunninta dinilai akan terpilih sebagai Bupati Batanghari. Pernyataan disampaikan Aulia Fadli Managing Riset Lembaga Kajian Politik Regional (LKPR) dalam diskusi Peta Teritorial Pilkada Jambi (7/11/2019) kemarin.

"Survei kami menyatakan jika Pemilihan hari ini kemungkinan besar Yunninta Asmara akan terpilih jadi Bupati Batanghari, ungkapnya ketika menanggapi pertanyaan salah seorang peserta diskusi di salah satu hotel kawasan pasar Jambi tersebut. "

Keyakinan ini berdasarkan data yang mereka miliki tentang pilkada Batanghari, dimana ada tiga alasan mengapa Yunninta diyakini akan memenangkan pilkada 2020 nanti.

"Ada tiga parameter yang kita gunakan untuk mengukur peluang setiap calon yang ada dalam memenangkan kontestasi politik 2020 nanti, yaitu pertama sebaran dari populeritas dan Elektabilitas calon, kedua, Interaksi calon dan Ketiga dukungan sumberdaya finansial dan non finansial calon,” katanya.

Dari ke tiga parameter tersebut Fadli mengatakan istri Bupati Batanghari itu bisa memperlihatkan kekuatannya secara baik. Seperti untuk pemerataan populeritas, YA sangat dibutuhkan kenal semua lapisan masyarakat hingga ke desa - desa, begitu juga untuk Elektabilitas, keterpilihannya menyebar di semua desa secara variatif, jelasnya.

Selain itu untuk parameter kedua, untuk tingkat interaksi, Yunninta dinilai kandidat yang paling sering berinteraksi turun ke lapangan menyapa warga masyarakat.

"Hampir semua responden yang kita tanya, telah melihat Yunninta dengan berbagai interaksi sosialisasi yang dilakukan, warga merasa pernah melihat, mendengar dan merasakan bagaimana interaksi yang YA lakukan bersama warga,” katanya.

Di samping itu untuk masalah kekuatan finansial dan non finansial meski sulit diukur, tapi secara jelas kita meyakini beliau memiliki dukungan politik terkuat saat ini di Batanghari, baik secara partai maupun dukungan sumberdaya lainnya.

Sehingga dari berbagai parameter tersebut Fadli mengatakan sejalan dengan survei yang mereka lakukan Agustus 2019 lalu, bahkan jika Pemilihan hari i ini LKPR berani mengatakan Yunninta Asmara akan terpilih sebagai Bupati Batanghari. 

Terkait dengan penilaian sebagian kalangan hasil survei yang mereka lakukan sebagai partisan bagian dari pencitraan Yunninta Asmara, Fadli dengan tegas mengatakan survei yang mereka lakukan murni berdasarkan data yang ada dilapangan, tidak ada pesanan dari siapapun, kita sangat objektif dan independen dalam survei.

Bahkan Fadli mengatakan LKPR bukan sekali ini saja melakukan survei pilkada Batanghari, sejak 2010 zaman Fattah Sinwan kami telah melaksanakan survei, lalu pada 2015 saat Syahirsah Sofia juga telah melakukan survei. 

"Kami telah dari 2010 dan 2015 survei di Batanghari, kami bekerja independen tidak partisan, jika kami katakan Yunninta kuat, ya fakta dilapangan memang beliau kuat, tidak ada tujuan atau framing apa – apa,” pungkasnya.(*/adv)












loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi