Banyak Harta Dapat Menimbulkan Masalah?



Rabu, 09 Oktober 2019 - 16:02:21 WIB



Oleh: Faramitha riskia, Frederick julio, Inayah nur huriyah, Lidya febriyana dan Nurul huda*

Banyak orang berpikir bahwa harta yang banyak membawa kenikmatan duniawi. Tetapi pernahkah anda berpikir bahwa orang yang mempunyai harta yang banyak juga mempunyai masalah sebanding dengan banyak harta seperti harus membayar pajak yang banyak, melindungi hartanya, dan terjadi kesenjangan sosial dalam ekonomi,dll.

Sebagai  permasalahannya kita mengambil tentang Kesenjangan sosial dalam ekonomi yang disebabkan karena adanya kecemburuan antara orang kaya dan orang miskin. Contohnya orang yang berpenampilan mewah biasanya diperlakukan lebih baik dibandingkan dengan orang yang berpenampilan biasa  saja, yang akan membuat ketidakadilan dalam pemberian pelayanan terhadap masyarakat. Dalam Alquran Surah (An-Nisa [4]:5) Allah berfirman :

“Dan janganlah kamu serakah kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Alllah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik.”.

Untuk mengatasi masalah kesenjangan sosial tersenut maka diperlukan upaya yaitu, mengadakan sosialisasi tentang kesetaraan dalam kehidupan sosial agar masyarakat mempunyai kesadaraan untuk tidak membeda-bedakan antara orang kaya dan orang miskin, Pemerataan fasilitas publik

Tujuan artikel ini dibuat agar membuka pola pikir pembaca untuk berperilaku adil dalam kehidupan sosial untuk tidak membeda-bedakan dalam hal berpenampilan mewah saja.

Dalam kitab hasyiah ibn abidin  yang dimaksud dengan harta adalah sesuatu yang manusia cenderung kepadanya dan mungkin disimpan untuk digunakan pada waktu yang dibutuhkan.

menurut al-Inayah Syarh al-Hidayah Harta adalah apa-apa diinginkan oleh manusia secara tabi’atnya, baik ia akan memberikannya maupun menahannya.

Ibnu Nujaim al-Hanafi memberikan penjelasan tentang harta, beliau mengatakan  harta adalah setiap yang dimiliki seseorang dari emas perak, mata benda, hewan dan lain-lain.

Menurut imam al-Syafii bahwa harta adalah barang-barang yang mempunyai nilai yang bisa diperjualbelikan dan nilai harta itu akan terus ada kecuali tatkala semua orang sudah meninggalkannya, yaitu dianggap sudah tidak berguna lagi.

Dalam kitab Durar al-Hukam Syarh Majallah al-Ahkam Harta adalah apa-apa yang secara tabiat manusia cenderung kepadanya dan memungkinkan menyimpannya untuk digunakan pada waktu yang dibutuhkan, baik hasil perpindahan maupun bukan hasil perpindahan.

Muhammad Hasbi al-Shiddiqy Harta adalah segala benda yang berharga bersifat materi yang beredar antara manusia.

Secara umum kesenjangan sosial merupakan keadaan dimana suatu hal terjadi secara tidak seimbang diantara masyarakat luas sehingga memberi dampak yang sangat mencolok.Kesenjangan sosial ekonomi adalah sebuah keadaan yang ketidakseimbangan atau ketimpangan sosial yang terjadi di dalam masyarakat, di mana kondisi tersebut akan menimbulkan sebuah perbedaan yang signifikan di antara masyarakat.

Kesenjangan ekonomi itu terjadi karena:

Ketidaksamaan kesempatan

Tidak samanya pekerjaan yang dimiliki

Aset dikuasai oleh pihak-pihak yang kaya

Rendahnya resiliensi.

Bahwasanya harta dapat diartikan sebagai sesuatu benda yang dapat dimiliki, dikuasai, diusahakan, dan dialihkan, baik benda berwujud maupun tidak berwujud. Kita merasa bersyukur, bahwa sebanyak apapun kekayaan yang kita miliki hanya sebatas titipan dari Tuhan.(*)

*Mahasiswa FEB Unja










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi