Asap Tebal Masih Selimuti Dua HPH di Jambi, WARSI: Ada Korelasi Kebakaran dengan Aktifitas Ilegal



Rabu, 09 Oktober 2019 - 15:06:09 WIB



JAMBERITA.COM- Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi masih belum usai.

Kawasan gambut Jambi masih mengeluarkan asap yang terus diupayakan pemadaman.

Sebagian wilayah memang tampak sudah padam, namun di bagian lain asap tebal masih keluar dari lahan gambut yang terbakar.

Dari pantauan satelit Terra Aqua NOAA dalam 24 jam terakhir masih terdeteksi 200 titik panas, 4 diantara terdeteksi sebagai titik panas dengan konfiden 80 keatas.

Dilihat dari persebaran titik panas, berada di terbanyak di Muara Jambi dan Tanjung Jabung Timur, yang merupakan kawasan gambut.

Kebakaran yang terjadi di Jambi lebih lama padam. Meski hujan sudah mengguyur wilayah ini sejak beberapa hari belakangan.

“Ini karena yang terbakar adalah wilayah gambut yang sudah sangat kering. Sehingga ketika permukaannya disiram air masih belum segera merembes pada lapisan bawah yang masih ada baranya, sehingga tak lama kemudian asap akan tetap muncul dari lahan yang terbakar,” kata Rudi Syaf DIrektur KKI Warsi.

Dari analisis citra sarelit yang dilakukan KKI WARSI, kebakaran paling parah dan sulit dikendalikan melanda wilayah yang dibebani konsesi Hak Penguasaan Hutan (HPH) oleh negara.

Di Jambi terdapat dua HPH yaitu PT PDI dan PT PBP. Kedua perusahaan ini bersisian dengan Tahura Tanjung dan Taman Nasional Berbak.

Sejak awal terbakar kedua HPH ini yang sampai hari ini masih berasap.

Kedua HPH ini secara status sudah tidak aktif, namun secara perizinan belum dikembalikan ataupun diambilalih negara.

“Akibatnya kedua perusahaan ini tidak terkelola dengan baik, dan membuat banyak pihak yang berkepentingan pada kayu dan okupasi lahan merasa tidak ada pengawasan, sehingga dengan mudah melakukan tindakan illegal. Kami melihat korelasi yang sangat tajam antara kebakaran dengan aktifitas illegal ini,” kata Rudi.

PT PDI mengantongi izin HPH dari sejak 1988, yang kemudian diamandemen pada 2009. Dari amandemen ini luas perusahaan yang semula 61 ribu menjadi 34 ribu. Sedangakn PT PBP seluas 21 ribu ha mengantongi izin sejak 2010. Dilihat dari analisis citra satelit TM 8 tertanggal 2 Oktober lebih dari 50 persen konsesi PT PDI dan lebih dari 80 persen lahan PBP terbakar.

“Pemerintah harus segera mengambil langkah untuk menarik izin dan mengembalikan pengelolaan kawasan pada negara,” katanya.

Tentunya, lanjut Rudi, pemerintah tetap menagih dan memproses hukum manajemen perusahaan yang telah lalai dalam mengelola konsesinya, sehingga api begitu besar menguasai kawasan ini.

Banyak sekali kerugian yang sudah ditimbulkan akibat kebakaran, dari asap yang meracuni paru-paru masyarakat luas, hilangnya biodiversity, rusaknya gambut dan tentu juga penyumbang emisi karbon.

“Segera cabut izinnya dan kembalikan kawasan itu menjadi fungsi lindung, yang paling tepat dilakukan pada kawasan itu adalah pemulihan ekosistem melalui program restorasi,” kata Rudi.

Hal ini merujuk pada fungsi awal kawasan sebagai kawasan lindung gambut, dan juga merupakan hamparan yang sama dengan kawasan lindung lainnya yaitu Tahura Tanjung dan Taman Nasional Berbak.(*/sm)




Tagar:

# TANJABBARAT








loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi