Sekda Harap SMK Hasilkan Lulusan Tenaga Kerja Terampil Siap Kerja



Rabu, 09 Oktober 2019 - 08:30:51 WIB



JAMBERITA.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Drs.H.M.Dianto,M.Si berharap agar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hasilkan lulusan tenaga kerja terampil siap kerja. Harapan tersebut dikemukakannya saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Peta Jalan Revitalisasi SMK di Provinsi Jambi, Senin, (7/10), di hotel Odua Weston Jambi.

Hadir pada kesempatan tersebut perwakilan dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Jambi, Ketua Tim Konsultan Revitalisasi Turigin, Perwakilan dari Kadin, serta perwakilan dari DPRD.

Sekda mengatakan, dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia g diharapkan dapat menyiapkan peserta didik dengan pengetahuan, kompetensi teknologi, dan seni agar menjadi manusia produktif maupun bekerja mandiri mengisi lowongan kerja yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi terutama menghadapi era industri 4.0.

"Memasuki tahun ketiga pelaksanaan Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan, beberapa capaian positif mulai terlihat, yakni angka partisipasi kerja lulusan Sekolah Menengah atau SMA dan SMK mengalami peningkatan dari 446.101 orang pada tahun 2016 menjadi 476.339 orang pada tahun 2018. Seiring dengan meningkatnya angka partisipasi kerja lulusan Sekolah Menengah pada tahun 2018, angka tingkat pengangguran terbuka dari lulusan SMK setiap tahunnya pun semakin menurun. Dari Februari 2016 sebesar 8,24% menjadi 7,78% pada Februari 2018. Dan dampak Revitalisasi SMK memang belum begitu banyak, namun berdasarkan data BPS menunjukkan angka yang positif, penurunan jumlah pengangguran lulusan SMK," ujar Sekda.

Sekda menjelaskan bahwa untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerapkan bobot struktur kurikulum untuk pendidikan umum sebesar 39,59% meliputi mata pelajaran muatan nasional dan kewilayahan dan bobot sebesar 60,41% untuk peminatan kejuruan. Beberapa upaya konkret yang dilakukan Direktorat Pembinaan SMK untuk mendorong mutu pendidikan SMK di era industri 4.0 adalah dengan mengembangkan simulasi komunikasi digital dan merevitalisasi program keahlian SMK.

"Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi akan menyusun road map (peta jalan) Revitalisasi SMK di Provinsi Jambi. Ini sangat penting untuk disusun dengan tujuan agar sekolah menengah kejuruan dapat menyediakan tenaga kerja terampil yang siap kerja di berbagai sektor ekonomi seperti pertanian, industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Diharapkan keberhasilan Revitalisasi SMK ini juga dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja, serta dapat mengurangi permasalahan pengangguran usia produktif di Provinsi Jambi," terang Sekda.

Sekda menuturkan, ada 10 langkah Revitalisasi SMK yaitu revitalisasi sumber daya manusia, membangun sistem administrasi sekolah berbasis sistem informasi manajemen, link and match dengan industri, kurikulum berbasis industri, teaching factory, penggunaan media video tutorial, dan portofolio berbasis video e-report skill, uji sertifikasi profesi, pemenuhan sarana dan prasarana, mengembangkan kearifan lokal dan peran SMK sebagai penggerak  ekonomi.

"Dalam perwujutan Revitalisasi SMK tersebut diperlukan kerjasama semua stakeholder terkait mulai dari pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri, organisasi pengusaha, perguruan tinggi, lembaga sertifikasi dan uji kompetensi siswa, serta masyarakat. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan dari semua peserta yang hadir hari ini, sehingga kita bisa merumuskan peta jalan Revitalisasi SMK dan sekaligus implementasinya, guna mewujudkan Jambi yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera (TUNTAS) 2021," jelas Sekda.(*/sm)

 










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi