Ponpes Al-Muttaqin Sukses Ro’an Akbar Dalam Rangka Menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2019



Senin, 07 Oktober 2019 - 14:19:07 WIB



JAMBERITA.COM- Rangka menyambut Hari Santri Nasional 22 Oktober 2019, Kementerian Agama RI mengeluarkan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 39 Tahun 2019 Agar seluruh Kementerian Agama di Indonesia melakukan Kegiatan Ro’an Akbar di seluruh Pondok Pesantren seluruh Indonesia dengan tema “Jaga Hari dan Jaga Bumi”.

Untuk itu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi mengirimkan surat kepada seluruh Pondok Pesantren untuk dapat berpartisipasi dalm kegiatan tersebut, salah satunya yang melaksanakan kegiatan akbar tersebut adalah  Pondok Pesantren Al-Muttaqin Ibru Kec. Mestong Kab. Muaro jambi pada hari Minggu 06 Oktober 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya dilaksanakan oleh santri dan masyarakat  Pondok Pesantren Al-Muttaqin saja melainkan ikut sertanya Pemerintah Desa Ibru, Masyarakar dan Kepolisian Jalan Raya (PJR) Batas unit III POLDA Jambi.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muttaqin Ibru sekaligus Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kab. Muaro Jambi, Gus Ya’qub Mubarok menyampaikan harapan untuk pelaksanaan Program Ro’an Akbar dari Kementerian Agama Republik Indonesia ini harus tetap dilaksanakan secara konsisten dan eksis di tengah masyarakat seluruh Indonesia agar kehadiran pondok pesantren di tengah masyarakat bukan hanya dibidang agama namun dibidang sosila dan kemanusia harus tetap di utamakan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui bidang Kasi Pendis/Pakis/PD Pontren Prov. Jambi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pelaksana kegiatan Ro’an Akbar di Ponpes Al-Muttaqin Ibru yang telah sukses melaksanakan kegiatan tersebut.

 “Bagi Santriwan santriwati dan Masyarakat Pondok pesantren Al-Muttaqin Ibru Kab. Muaro Jambi berkomitmen bersama bahwa waktu tidaklah jadi masalah untuk melaksanakan program tersebut , dengan komitmen dan kekuatan bersama  kegiatan Ro’an Akbar ini dapat terlaksana dengan baik pada hari ini,” ujar Ust. Acmad Fauzi dan Ustz. Puji Rahayu sebagai pendamping pada kegiatan tersebut.

Ust.Acmad Fauzi menjelaskan juga bahwa Ro’an Akbar ini sebenarnya merupakan tradisi rutinitas pada setiap Pondok Pesantren dimana di Pondok Pesantren Al-Muttaqin Ibru dilaksanakan setiap hari Jumat yang merupakan hari libur madrasah (Non Formal) pondok dan di hari minggu merupakan hari libur sekolah (Formal).

Sambung Ust. Acmad Fauzi, adapun Manfaat yg bisa kita  diambil dalam pelaksanaan Ro'an ini adalah; pertama,  Pembentukan karakter santriwan dan santriwati baik fisik dan bathiniah. Bahwa mereka peka dan paham dengan nilai kebersihan cepat tanggap dengan kondisi lingkungan.  Kedua, Peningkatan keterampilan, dengan berbagai aktifitas lainnya sehingga menimbulkan inovasi baru dan mampu berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, Ponpes lebih enak dilihat nyaman dan menamabah semangat belajar para santri dan santriwati.

Acara Ro’an Akbar ditutup dengan pernyataan komitmen mensukseskan kegiatan Ro’an Akbar dan Peringatan Hari Santri Nasional Pada Tanggal 22 Oktober 2019 dari pimpinan Ponpes Al-Muttaqin Ibru dan Komandan Polisi PJR Batas Unit III Polda Jambi di halaman Kantor Polisi PJR Batas Unit III Polda Jambi.

 

Oleh: M. Anggoro Kasih










loading...