Apresiasi Kapolda, Danrem dan BPBD Tangani Karhutla, SAH Minta BNBP Buat Hujan Buatan di Jambi  



Minggu, 22 September 2019 - 21:32:43 WIB



Sutan Adil Hendra
Sutan Adil Hendra

JAMBERITA.COM-  Kabut asap di Provinsi Jambi semakin parah.Asap berdebu semakin pekat menyelimuti Provinsi yang dilalui Sungai Batanghari.

Kondisi ini mengundang kepedulian semua pihak, salah satunya seperti yang disuarakan Anggota Fraksi Gerindra DPR RI dari Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra (SAH).

 Bahkan SAH yang dikenal dengan kepeduliannya terhadap masyarakat secara tegas meminta pemerintah membuat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan segera dilakukan di langit Provinsi Jambi. Karena kondisi kabut asap di Provinsi Jambi sudah berstatus darurat berbahaya.

"Saya minta pemerintah membuat hujan buatan di langit Jambi, sehingga bisa mempercepat terjadinya hujan," ungkapnya di Jakarta (22/9) kemarin.

Apalagi menurut Pimpinan Komisi X DPR RI ini, hujan buatan baru pertama kali dilakukan di Jambi selama penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2019.

Dalam penjelasan SAH mengaku telah berkoordinasi langsung dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjend Doni Monardo dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Bachyuni.

Untuk itu, Senin (23/9) SAH dan Kepala BNPB beserta rombongan pada pukul 15.30 akan bertolak dari Jakarta menuju jambi untuk turun langsung melakukan Patroli Udara dan mencoba Sistem Hujan Buatan bersama BPBD Provinsi Jambi dan Pemerintah Daerah. Rangkaian kegiatan Patroli Udara ini akan diawali dengan Sholat Istiqo.

SAH meminta seluruh masyarakat Jambi untuk ikut serta dalam rangkaian kegiatan ini. "Untuk seluruh Masyarakat Jambi mari kita bersama-sama melakukan Sholat Maghrib dan Sholat Istiqo berjamaah di Masjid Agung Al-Falah Senin tanggal 23 September 2019, kita mohon kepada Allah SWT untuk memberikan pertolongan dan menurunkan Hujan di Provinsi Jambi", ajaknya.

Setelah kegiatan Sholat Istiqo, SAH bersama Kepala BNPB, Kepala BPBD Provinsi Jambi dan Pemda akan melalukan Patroli Udara Wilyah Timur yakni Kab. Muaro Jambi dan Kab. Tanjab Timur.

Diketahui ada harapan hari senin dan selasa nanti potensi intensitas kerapatan awan di Jambi berada di atas 70 persen, dimana angka ini sudah memungkinkan dilakukan hujan buatan.

"Armada pesawat yang kita minta dari pusat bisa melakukan hujan buatan jika awan sudah potensial, karena menunggu adanya awan potensial untuk disemai," katanya.

Sementara untuk operasi penanganan lainnya, SAH mengharapkan, bisa masih terus berjalan. Ditambah Satgas udara dengan helikopter water bombing juga tetap beroperasi. 

“Satu helikopter Hercules kita harapkan stand by di Jambi, bisa menangani seluruh wilayah Jambi yang terkena kabut asap," jelas SAH.

Pada kesempatan itu SAH menyampaikan apresiasi nya atas kerja keras Kapolda, Komandan Resort Militer (Korem) dan BPBD Provinsi Jambi dalam menanggulangi kabut asap di Jambi.

Karena menurut nya meski kabut asap masih belum tertangani namun setidaknya berhasil mengisolasi sebaran api.

Selain itu, SAH juga meminta pemerintah dapat tanggap dalam melihat dinamika persoalan yang dihadapi . Karena itu, salah satunya dengan jalan memberdayakan masyarakat lokal dan mau menghormati kearifan lokal yang selama ini mewarnai praktik bertani secara turun-temurun.

Karena kekuatan utama penanganan Kahutla itu ada kesadaran masyarakat, karena mereka pelaku dan pihak yang terkait langsung.(*/sm)












loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi