Desa di Jambi Harus Mandiri, 2020 Anggarannya Naik Jadi Rp1,4 Triliun



Kamis, 12 September 2019 - 11:36:40 WIB



JAMBERITA.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi mengklaim dari 1.399 desa, masih terdapat 14 desa yang sangat tertinggal.

Padahal, menurut Kepala DP3AP2 Provinsi Jambi Dra Luthpiah dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat itu tidaklah sedikit. Rata-rata Rp800 juta/Desa. Untuk tahun ini saja dana desa yang dikucurkan itu, provinsi Jambi mendapat Rp1,04 Triliun.

"Tahun 2020 besok naik jadi Rp1,4 Triliun, kita kan dana desa se-Indonesia itu naiknya jadi Rp70 triliun," ungkapnya ketika ditemui diruang kerjanya, Selasa (11/9/2019).

Ketika dilihat dari dana desa itu rata rata Rp800 juta/perdesa seharusnya Pemerintah Desa dengan kewenangan dan otonominya harus inovatif dalam mengembangkan segala potensi yang dimiliki agar dapat mengeliatkan perekonomian.

"Artinya supportnya sudah sangat baik, apalagi ditambah dengan dana alokasi Desa dan APBD Kabupaten, seharusnya memang, kalau kita lihat dari dana yang sudah disiapkan, desa harus mandiri," terangnya.

Pihaknya terus berupaya memberikan support kepada setiap desa di kabupaten kota, karena mereka di DP3AP2 mempunyai program pembangunan kawasan perdesaan. Sayangnya kebanyakan desa belum bisa mengelola potensi yang ada.

"Kalau bisa bukan cuma satu desa saja, tetapi berimbas ke semua desa, Pemerintah kabupaten (Pemkab) juga harus mendorong dan mensuport," jelasnya.

Misalnya, di Kabupaten Muaro Jambi itu terdapat percandian, Kabupaten Merangin ada Arum Jeram dan Bangko adalah kota tertua alamnya hampir sama di Kabupaten Kerinci juga punya banyak potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan.

"Iya mulai dari kulinernya, wisatanya, dan industri kreatif nya, icon cindra mata apa, serta menciptakan kaos-kaos yang harus bisa dijual oleh masyarakat ketika dikunjungi para wisatawan yang datang," pungkasnya.(afm)










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi