Gapai Keunggulan Batanghari, Yunninta Gagas Inovasi Program Dalam Pengelolaan Dana Desa



Kamis, 12 September 2019 - 08:45:39 WIB



JAMBERITA.COM- Bakal calon Bupati Batanghari Hj Yunninta Asmara, SH mendorong setiap desa memanfaatkan dana desa untuk menciptakan inovasi guna mengembangkan ekonomi desa. Bahkan anggota DPRD Batanghari ini mengatakan, selain membangun infrastrktur, dana desa akan didorong untuk pengembangan SDM dan produktivitas ekonomi perdesaan.

Untuk itu Yunninta yang merupakan calon kaut Bupati Batanghari versi beberapa lembaga survei mengharapkan, diperlukan terobosan dalam menciptakan inovasi-inovasi desa yang akan menjadi platform baru untuk meningkatkan perekonomian desa.

Yunninta mengatakan, dalam visi Batanghari Unggul yang tengah disusunnya  ke depan dapat membantu sinergitas pihaknya melalui program Pilot Inkubasi Inovasi Desa, seperti Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) terus mendorong tiap desa untuk terus berinovasi dalam upaya meningkatkan perekonomian di desa.

"Inkubasi inovasi desa membentuk pilot-pilot yang terkontrol dalam sebuah sistem yang diharapkan pilot-pilot ini menjadi rujukan bagi desa-desa yang nanti akan mengembangkan program inovasi desa," ujarnya di Muara Bulian (11/9/2019) kemarin.

Menurutnya, selama ini PIID-PEL sudah berhasil menelurkan satu aktivitas produktif yang bermanfaat di pedesaan. "Saya baca se Indonesia sudah lebih dari 13.000 jenis inovasi direflikasi di tempat lain dan didokumentasikan. Sehingga bisa jadi show case atau percontohan di tempat lain,.

Yunninta berkeyakinan ada ruang untuk inovasi bisa berkembang melalui satu wadah, yaitu bursa inovasi desa yang merupakan arena dari desa-desa untuk menampilkan buah karya kreativitas dari yang dihasilkan.

Ia menerangkan ada beberapa tahap pembenahan yang harus dilakukan agar program tetap berjalan. Antara lain program inovasi harus menyesuaikan dengan konteks kekinian. Selain itu, perlu juga keterlibatan swasta terkait anggaran untuk kepentingan bersama untuk keberlanjutan program inkubasi inovasi desa, tandasnya.(*/sm)












loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi