Pembangunan Tanggul di Parit V Tungkal Ilir Jebol, Diduga Ini Penyebabnya



Rabu, 11 September 2019 - 13:19:37 WIB



JAMBERITA.COM - Pembangunan tanggul yang berlokasi di Parit V Darat Kecamatan Tungkal Ilir tak jauh dari jembatan Parit V yang belum selesai dibangun jebol dan rusak. Penyebab jebol tanggul diduga karena lemahnya pengawasaan pekerjaan tanggul.

Dari pantauan di lapangan, tanggul dengan timbunan lumpur yang masih basah itu terlihat runtuh sekitar 10 meter lebih.

Salah seorang warga yang ditemui di lapanngan menduga jebolanya tanggul tersebut karena kurangnya pengawasan dari instansi terkait sehingga rekanan merasa tidak terbebankan.

"Pihak dinas terkait dan kosultan pengawas harus bertanggung jawab, karena mereka digaji untuk mengawasi pembangunan pemerintah. Jadi jangan makan gaji buta dan duduk manis saja yang hanya terima laporan di atas meja," ujar sumber yang enggan namanya disebutkan, Rabu (11/9/2019).

Menurutnya, jika pekerjaan yang dikerjakan asal jadi tentu yang dirugikan warga sekitar karena jika tanggul jebol tidak tahan lama makan berimbas pada perkebunan warga di sekitar parit.

"Tentu kalau air pasang kebun akan terendam banjir. Sementara tujuan pemerintah untuk Pembangunan tanggul di sepanjang aliran sungai parit V itu tentu diharapkan dapat mengatasi banjir yang selama ini kerap melanda wilayah tersebut. Namun sayangnya kurangnya pengawasan dari pihak Dinas terkait dan kosultan akibatnya pembangunan diduga dikerjakan asal-asalan dan menyebabkan belum selesai pembangunan sudah jebol," jelas warga.

Bahkan warga menyebutkan ada dua titik tanggul yang runtuh, yakni beberapa meter disebelah kanan dari jembatan parit v darat yang hanya runtuh dan sebelah kiri nya parit v ilir sudah jebol sekitar beberapa meter.

"Ada dua titik tanggul yang jebol di Parit V darat ini satu titik lagi berada di parit V ilir yang memangvputus dan tak bisa dilewati, tepatnya di kebun warga atas nama Saidi," sebut warga.

Terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU PR Tanjabbar, Edi Sunardi di konfirmasikan melalui pesan singkat mengakui tanggul yang sedang dikerjakan tersebut ada yang runtuh atau jebol, namun pihaknya sudah meminta rekanan untuk memperbaikinya.

"Terkait runtuhnya pekerjaan pembentukan tanggul di parit V, dari informasi sementara dapat disampaikan sebagai berikut, pertama panjang pembentukan tanggul yang runtuh kurang lebih 10 meter. kedua, bahwasanya pekerjaan tanggul di parit V belum dinyatakan rampung artinya masih dalam masa kontrak. ketiga, kami sudah menginstruksukan kepada rekanan untuk memperbaikinya," jelas Kabid SDA Dinas PUPR Tanjabbar melalui Pesan singkat.

Sementara Kosultan pengawas Nano memilih bungkam saat dikonfirmasi awak media terkait jebolnya tanggul. (Henky)




Tagar:

# TANJABBARAT








loading...






Mobil Pembawa Solar Terbakar

Mobil Pembawa Solar Terbakar

Senin, 17/02/2020 12:18:36