Pemilihan Rektor Unja: Suara Senat 65 Persen, Suara Menteri 35 Persen



Selasa, 10 September 2019 - 22:31:44 WIB



Fauzi Syam
Fauzi Syam

JAMBERITA.COM- Senat Unja sudah menetapkan lima calon Rektor Unja dalam rapat senat pada Senin (9/9/2019). Setelah ini akan disaring dari lima calon menjadi 3 calon. Setelah itu, baru diilih satu nama.

Hanya saja, suara senat tidak serta merta memutuskan siapa yang akan menjadi Rektor Unja. Ini karena berdasarkan peraturan Kemenristekdikti nomor 19 tahun 2019, Suara Senat hanya 65 persen, sisanya merupakan suara Menteri.

“Jadi suara senat itu hanya 65 persen menentukan. 35 persen suara menteri,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unja Dr. Fauzi Syam, MH.

Adapun lima bakal calon rektor Unja yang telah melakukan pendaftaran dan mengikuti tahapan penjaringan dan kemudian sudah melakukan pengambilan nomor urut.

Dimana secara berurut nomor urut 1, Dr. Sauri L, SH, nomor urut 2 Prof. Elita Rahmi, SH, nomor urut 3, Prof Sutrisno, Nomor urut 4, Prof. Johni Najwan, SH, MH, Ph.D dan nomor urut Prof. Dr. Hariyadi,  MMS.

Terkait jadwal pemilihan, Fauzi mengatakan penyaringan balon menjadi calon rektor yang dijadwalkan panitia akan dilakukan pada 30 September mendatang. “Ini menyaring dari 5 menjadi 3,” kata Fauzi

Selanjutnya tahap ketiga akan dilakukan pemilihan rektor Unja yang menyesuaikan jadwal dari Kemeristekdikti, namun panitia merencanakan pemilihan rektor tersebut pada 30 November 2019. Dan tahap terakhir yakni pelantikan rektor terpilih. "Tapi ini tentatif. Menyesuaikan jadwal Meneteri," pungkasnya. (sm)












loading...