Tren Pilkada Batanghari, Pemenang Berlatar Belakang Dewan, Ini Kata Pengamat



Jumat, 23 Agustus 2019 - 10:34:23 WIB



JAMBERITA.COM- Pengamat Politik dari Lembaga Kajian Politik Regional (LKPR) Zahyudi Maulana menilai ada kecenderungan (trend) masyarakat Batanghari lebih mempercayai calon bupati dan wakil bupati dari mereka yang berlatar belakang dari legislatif atau dari anggota DPRD.

Pernyataan ini disampaikan Zahyudi Maulana ketika memberi kajian ilmiah pada analisis data statistik pilkada langsung Batanghari (24/8) kemarin di Muara Bulian.

Menurutnya ada dua parameter yang melandasi kesimpulan tersebut, pertama hasil pilkada Batanghari 2010 dan 2015 yang telah lalu.

Kedua, analisa data sekunder dua pilkada itu sendiri.

Pada pilkada tahun 2010 pasangan Fatah-Sinwan berhasil memenangkan Pilbup Batanghari, dimana kedua tokoh tersebut berlatar belakang sebagai anggota dewan Batanghari.

" 2010 yang terpilih almarhum Abdul Fatah dan Sinwan, dimana pada waktu itu mereka berdua anggota dewan Batanghari, pak Fatah ketua DPRD Batanghari, sementara Sinwan anggota dewan," ungkapnya.

Dimana tren ini berlanjut pada tahun 2015 yang pada waktu itu pasangan Syahirsah dan Sofia Yusuf merupakan anggota dewan provinsi. "Pak Syahirsah dari partai Golkar, dan ibu Sofia dari Demokrat," katanya.

Dalam kacamata peneliti Yudi mengatakan tren ini memperlihatkan ada kecenderungan pilihan masyarakat itu kepada sosok yang dianggap mewakili mereka.

Dimana hal ini sejalan dengan data penelitian mereka yang memperlihatkan keterikatan sosial dan emosional seorang anggota DPRD itu lebih kuat dibandingkan calon yang berlatar belakang diluar legislatif.

" Pada pilkada Batanghari Uji data statistik kita memperlihatkan ada kecenderungan mereka yang duduk di wakil rakyat memiliki basis massa yang lebih jelas dibandingkan calon yang berlatar belakang lain," jelasnya.

Sehingga Yudi memprediksi kecenderungan (tren) ini akan berlanjut pada pilkada Batanghari 2020.

Pilkada 2020 figur calon yang berlatar belakang sebagai anggota dewan lebih menonjol, dibanding mereka yang dari birokrasi.

"Ini bisa kita lihat ada dua nama anggota dewan yang cukup dibicarakan masyarakat, yakni H. Mahdan dan Yunninta Asmara dimana keduanya merupakan ketua dan wakil ketua DPRD Batanghari," katanya.

Peta politik hari ini dua nama tersebut kemungkinan besar duet Yunninta- Mahdan akan berpasangan sebagai calon Bupati dan wakil Bupati.

Sehingga menurut pria yang lama menekuni dunia riset persepsi ini, berdasarkan trend pilihan masyarakat, pasangan Yunninta dan Mahdan diprediksi akan menjadi pemenang pilkada Batanghari 2020.

Karena memiliki basis massa yang solid dan teruji di tiap pemilu dan pilkada.(*/sm)




Tagar:

# BATANGHARI








loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi