HKG Bhayangkari ke-67 Tahun, Polda Jambi Gelar Pemahaman Bahaya Radikalisme



Rabu, 21 Agustus 2019 - 16:17:25 WIB



JAMBERITA.COM - Memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke 67 tahun 2019, Bhayangkari Daerah Polda Jambi menggelar pemahaman bahaya radikalisme di kalangan masyarakat Indonesia.

Kegiatan berlangsung di Gedung Bhayangkara Siginjai Mapolda Jambi, yang dihadiri perwakilan Pelajar SMA/SMK Kota Jambi dan ibu-ibu Bhayangkari, Rabu (21/8/2019).

Ketua Bhayangkari Polda Jambi Ny.Ning Muhklis menyampaikan bahwa pada saat ini masyarakat didunia khususnya Indonesia telah banyak yang terpapapar paham radikalisme. "Untuk itu kita harus bersama sama dalam memerangi paham radikalisme ini," katanya.

Selanjutnya, Dir Intelkam Polda Jambi Kombes Pol Drs.Lilik Apriyanto menambahkan, dampak globalisasi melalui teknologi mampu mengubah dunia yang tidak dipungkiri ada sisi positif dan negatifnya.

"Karena saat ini kita merasa dunia ada di genggaman kita dan kita tidak dapat merubahnya," terangnya.

Untuk itu dampak dari globalisasi ini pun mampu membawa bahaya radikalisme di kalangan Masyarakat Indonesia dan saat ini telah banyak masyarakat yang telah terpapar paham Radikalisme.

"Dimana sekarang ini kita hidup dalam era globalisasi, dampak globalisasi dalam hidup kita adalah, berkembangnya kehidupan yang semakin global dan kemajuan yang sangat pesat dalam ilmu pengetahuan teknologi transportasi komunikasi dan informasi," ujarnya.

Batas antar wilayah dan negara sudah tidak terasa jauh lagi dan hubungan intensitas seluruh manusia. Sebutnya, radikalisme suatu ideologi (ide atau gagasan) dan paham yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara kekerasan/ ekstrim.

"Radikalisme seringkali dikaitkan dengan agama tertentu, ini dapat kita lihat dari adanya kelompok ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) yang melakukan teror terhadap beberapa negara di dunia dengan membawa/menyebutkan simbol-simbol agama Islam dalam setiap aksi teror mereka," jelasnya.

Radikalisme yang saat ini menjadi sorotan sebagai sumber terorisme ditanah air adalah Radikalisme Islam, perkembangan Radikalisme di Indonesia bergerak dengan berbagai opini yang ujungnya menggantikan sistem pemerintahan dengan Khilafah karena system pemerintahan RI tidak berkonsep hukum sesuai dengan syarat Islam (TAGHUT).

"Dengan isu ini kelompok radikal berharap bisa memprovokasi masyarakat agar sejalan dengan paham dan pemikiran mereka," ungkapnya.

Di Provinsi Jambi sendiri ada ditemukan beberapa simbol simbol ISIS dan dan orang yang diduga telah terpapar paham radikalisme yaitu pada tanggal 8 agustus 2014 ditemukan bendera bersimbol ISIS di komplek Gubernur Jambi.

"Tanggal 22 September 2014 ditemukan coretan simbol ISIS di dinding Lorong Koni, pada tanggal 23 Maret 2015 di Kel. Sijenjang Kec.Jambi Timur Kota Jambi di temukan siswa SMK Jambi atas nama M.Judi Novaldi umur 18 tahun yang belajar paham radikal melalui media online," tambahnya.

Pada tanggal 8 agustus 2015 lalu berlokasi di Air Hangat Kab. Kerinci di temukan seorang kontraktor A.n Rudi Ariyanto 26 tahun, telah memposting foto dan tulisannya terkait Isis di Facebook.

Hadir dalam agenda ini, Wakil Ketua Bhayangkari Polda Jambi, Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Jambi AKBP S.Bagus Santoso.Sik.M.H, Perwakilan siswa/i dari SMA 3 Kota Jambi, Perwakilan Siswa/i dari SMA Man Model Kota Jambi, Perwakilan Siswa/i dari SMK 2 Kota Jambi serta seluruh Perwakilan Ibu Bhayangkari Polda Jambi.(afm)










loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi